TSR Kabupaten Solok Kunjungi Masjid Nurul Iman Katialo

Asisten Bidang Ekbangkesra, Aliber Mulyadi bersama Kapolsek X Koto Diateh, Iptu Hendri menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid.
Asisten Bidang Ekbangkesra, Aliber Mulyadi bersama Kapolsek X Koto Diateh, Iptu Hendri menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid. (KLIKPOSITIF/ Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Membangun silaturahmi dengan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok kembali melakukan safari Ramadan ke berbagai masjid dan musala yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Solok.

Sedikitnya, 14 Tim Safari Ramadan (TSR) kembali dibentuk untuk mengunjungi lebih kurang 39 masjid dan musala secara reguler, kemudian 21 masjid dan musala lainnya dalam kunjungan khusus TSR Bupati dan Wakil Bupati Solok.

Mengawali pelaksanaan Safari, tim 8 yang diketuai oleh Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan berkesempatan mengunjungi masyarakat dan jamaah Masjid Nurul Iman, Nagari Katialo, Kecamatan X Koto Diateh, Rabu malam (8/5).

Baca Juga

Safari Ramadan yang terbilang cukup jauh dari pusat kabupaten Solok itu seakan sudah dinanti masyarakat. Hal itu tampak dari ramainya masyarakat yang memadati masjid, mulai dari jelang berbuka hingga usai kunjungan sekitar pukul 22.30 WIB.

Diakui Wakil Ketua tim 8 yang juga Asisten Koordinator Ekbangkesra Kabupaten Solok, Aliber Mulyadi, Safari Ramadan sejatinya memang menjadi sarana menjalin silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat secara langsung.

"Safari Ramadan merupakan komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat, selain menyampaikan berbagai program pembangunan yang dilakukan pemerintah, pertemuan ini juga sarana dalam menyerap aspirasi masyarakat," sebut Aliber.

Dalam ramah tamah dengan masyarakat Katialo, TSR Kabupaten Solok mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid dan musala, baik di hari biasa dan utamanya di bulan Ramadan dengan berbagai ragam ibadah dan kegiatan positif lainnya.

Bulan Ramadan, ulas Aliber, merupakan bulan madrasah dimana umat muslim dididik untuk jujur, sabar serta mampu mengendalikan hawa nafsu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan kembali memakmurkan masjid dan musala.

"Sebagaimana yang diprogramkan Pemkab Solok, masyarakat diajak untuk memakmurkan Masjid melalui program Magrib mengaji Subuh berjamaah yang telah digalakkan jauh-jauh hari," sebut Aliber, yang turut diamini Walinagari Katialo, Syukriyon Edi.

Tidak hanya datang dengan tangan hampa, pada kesempatan itu, TSR kabupaten Solok juga memberikan bantuan paket Ramadan berupa jam waktu sholat digital dan uang bantuan untuk Masjid senilai 10 juta rupiah.

Turut hadir anggota tim lain diantaranya, Kalaksa BPBD H. Dasril, Kabag Perekonomian Armen AP, Plt. Sekretaris Disdukcapil Tistuti Kamal, Sekretaris Dinkes Lida Attica Alfi, Roznita dari bagian Kesra, Anggota DPRD H. Masri Bakar dan H. Edmizal selaku Mubalig.

Keesokan harinya, Tim 8 TSR kabupaten Solok dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Al-Ikhlas Gando, Nagari Tanjuang Alai kecamatan X Koto Singkarak serta menyusul Masjid Nurul Taqwa Nagari Siaro-aro, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi.

[Syafriadi]

Penulis: Agusmanto | Editor: Eko Fajri