Wali Kota Padang Larang Berikan Sedekah di Jalan atau Perempatan Lampu Merah

"Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengingatkan masyarakat Kota Padang tidak memberikan sedekah di jalan, terutama di perempatan lampu merah. Karena, beresiko membahayakan"
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengingatkan masyarakat Kota Padang tidak memberikan sedekah di jalan, terutama di perempatan lampu merah. Karena, beresiko membahayakan.

"Mobilitas kendaraan sangat tinggi, maka jangan berikan sedekah di jalan. Jika ada yang minta diperempatan lampu merah atau jalan tidak usah diberikan, sebab resiko bisa mengakibatkan kecelakaan baik pemberi sedekah maupun penerima," ujarnya saat ditemui usai operasi pasar bawang putih, di Pasar Raya Padang, Jumat (10/5).

Dikatakannya, animo masyarakat Kota Padang untuk bersedekah sangat tinggi. Apalagi, dibulan puasa ini yang mana bersedekah akan menambah amalan ibadah.

Maka untuk itu, jika ada orang minta sedekah yang datang ke rumah tidak masalah. Karena bertemu secara langsung. Jika ada uang lebih, untuk sekiranya bersedekah. Namun, yang dipermasalahkan itu mereka yang minta sedekah dijalanan atau diperempatan lampu merah.

"Untuk itu, Satpol PP dan instansi terkait mesti mengamankan mereka yang minta-minta di jalan ini atau diperempatan lampu merah, karena resiko yang sangat berbahaya," tuturnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang mengingatkan masyarakat lebih selektif dalam memberikan sedekah kepada pengemis apalagi selama Ramadhan marak fenomena peminta-minta musiman.

"Memberi sedekah itu baik tapi pastikan diberi kepada orang yang tepat yaitu mereka yang miskin dan memang layak dibantu," kata Ketua MUI Padang, Duski Samad.

Menurutnya, pengemis yang layak diberi sedekah adalah mereka yang benar-benar dinilai tidak mampu berusaha dan hanya bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan meminta-minta.

"Dalam kategori ini misalnya seseorang yang memiliki keterbatasan fisik atau sudah tua dan tidak sanggup lagi berusaha. Sedangkan, bagi yang dinilai masih kuat dan mampu untuk berusaha jika memang tetap ingin membantu dapat dilakukan dengan memberi sesuatu yang sifatnya ... Baca halaman selanjutnya