Pemko Sawahlunto Beri Reward Mahasiswa Berprestasi

"Program ini merupakan lanjutan dari program kami sewaktu awal dilantik yaitu memberi reward juga kepada yang lulus di perguruan tinggi negeri maupun swasta tentu dengan akreditasi A atau B"
Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti Saat Memberikan Bantuan Tim Safari Ramadan Kota Sawahlunto di Masjid Jamik Ijtihad Desa Sikalang (Klikpositif/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto akan memberikan reward kepada warga Sawahlunto yang duduk dibangku kuliah dengan prestasi.

Prestasi itu, lanjut Zohirin, bagi yang bisa meraih indek prestasi (IP) diatas 3,1 dan perguruan tingginya terakreditasi A atau B. Itu berlaku bagi yang mengambil program strata satu maupun diploma.

"Program ini merupakan lanjutan dari program kami sewaktu awal dilantik yaitu memberi reward juga kepada yang lulus di perguruan tinggi negeri maupun swasta tentu dengan akreditasi A atau B," katanya di Masjid Jamik Ijtihad, Desa Sikalang, Kecamatan Talawi, Jumat 10 Mei 2019.

"Dalam program yang lulus di perguruan tinggi tersebut terdapat 107 anak yang mengusulkan dengan cara mentransfer ke rekening masing-masing," sambungnya.

Zohirin menambahkan, pihaknya melalui Dinas Pendidikan telah menganggarkan untuk program ini sebesar Rp1 milyar, jika terdapat kekurangan dari anggaran, kekurangannya akan ditambah di APBD-P nanti. "Jadi IP yang yang diserahkan oleh anak kita itu dari masa perkuliahan Juli hingga Desember dengan jumlah yang diterima Rp1 juta," tambahnya.

Masih kata Zohirin, untuk program ini akan terus berlanjut di masa pemerintahannya bersama Wali Kota Deri Asta. "Ini komitmen kami memotivasi anak Sawahlunto untuk berprestasi dan meringankan beban orang tua mereka tanpa memandang status sosial," tuturnya.

Diketahui, selain dari anggaran APBD Kota Sawahlunto, Pemko Sawahlunto juga mencari jalan lain untuk beasiswa anak berprestasi dengan cara melobi perantau dan pengusaha yang terbilang sukses. Salah satunya meminta bantuan kepada pengusaha Syofyan Wanandi yang pernah mengantarkan puluhan anak Sawahlunto menjadi sarjana di era Wali Kota Amran Nur atau berakhir di tahun 2015 lalu.(*)