Hari Terakhir Rekapitulasi, Polda Sumbar Perketat Pengamanan

"Mulai dari pemeriksaan bawaan (tas), hingga pemeriksaan menggunakan alat pendeteksi yang di sensorkan ke tubuh"
Pemeriksaan saat memasuki ruang rekapitulasi di Hotel Pangeran Beach Padang, Sabtu, 11 Mei 2019 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) turunkan 478 personil, untuk pengawalan pengaman tahapan rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019 tingkat provinsi oleh KPU Sumbar.

Kepala Biro Operasional Polda Sumbar, Kombes Pol Firly Ruspang Samosir mengatakan, untuk pengamanan pleno KPU tingkat provinsi, ada beberapa tahapan ring. Ring luar, tengah dan ring fokus di dalam ruangan.

"Semua kita bagi flotting, sesuai tugas, kampuan dan peralatan masing-masing. Contohnya Pengamanan Objek Vital (Pamobvit), harus melakukan pengamanna sampai ke dalam, mereka yang pakai baju batik," jelasnya, Sabtu (11/5).

Selain Pamobvit, 105 Personel di antaranya dari Polresta Padang, dan yang lainnya Satgas Preemtif (pencegahan), Intel, Bimas Sabhara, Brimob, pasukan Gagana. "Pengamanan di luar ruangan juga ada, dan pengamanan tertutup dari intel," ulasnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah mengatur tugas antara kepolisian dan TNI, agar proses pleno rekapitulasitingkat provinsi berjalan lancar dan aman. Sesuai dengan kondisi yang ada, pemberitaan di media, bahwa proses pilu berjalan dengan aman dan kondusif.

"Kami senang dengan kabar itu, namun tetap saja hingga proses akhir kami akan siaga mengawal jalannya pesta demokrasi ini, khususnya di Sumbar," ujarnya.

Ia yakin dan percaya, masyarakat di Sumbar sudah sangat memgerti apa itu demokrasi. Termasuk juga dengan kesadaran menjaga keamanan lingkungan, agar terciptanya suasana yang aman dan nyaman. Ia juga mengajak seluruh masyarakat, agar berlomba menjaga nama baik daerah.

Dari pantauan KLIKPOSITIF di lapangan, tampak pengamanan dilakukan dengan ketat. Mulai dari halaman Hotel, hingga pintu masuk ruangan rekapitulasi KPU Sumbar. Di pintu masuk ruangan rekapitulasi, tampak para peserta diperiksa oleh pihak kepolisian.

Mulai dari pemeriksaan bawaan (tas), hingga pemeriksaan menggunakan alat pendeteksi yang di sensorkan ke tubuh. ... Baca halaman selanjutnya