Menengok Satu-satunya Usaha Percetakan Gipsum Emas dan Perak di Kota Pariaman

"Usaha ini merupakan usaha mandiri, yang beroperasi semenjak dua tahun belakangan. Di sini akan dicetak emas sehingga menjadi cincin atau bisa juga untuk membuat uang suku dan uang tali"
Ikrar Muslimin saat mengerjakan pesanan pelanggan di Toko Percetakan Gipsum Miliknya, Sabtu 11 Mei 2019. (KLIKPOSITIF/ Rahesa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Untuk para pedagang perhiyasan yang ingin mencetak cincin atau Uang Suku dan Uang Tali dari emas dan perak, saat ini jangan cemas, di Pariaman sudah ada usaha Percetakan Gipsum Emas milik Ikrar Muslimin di jalan Agus Salim, Kampuang Baru, Pariaman Tengah. Usaha Mandiri tersebut merupakan satu-satunya percetakan gipsum emas di Kota Pariaman.

"Iya, Usaha ini merupakan usaha mandiri, yang beroperasi semenjak dua tahun belakangan. Di sini akan dicetak emas sehingga menjadi cincin atau bisa juga untuk membuat uang suku dan uang tali, " jelas Ikrar, Sabtu 11 Mei 2019 di kedainya.

Dikatakannya juga, biasanya cara kerja untuk percetakan gipsum emas atau perak diambil berupa sistem borongan. Dalam borongan tersebut dirinya mengambil upah pembuatan.

Untuk upah borongan cetak ternyata masih terjangkau. Dikatakannya untuk 1 ons emas, konsumen cukup memberi 3 persen dari harga, begitupun dengan bahan perak.

"Untuk upah, seperti emas dengan berat 1 ons kami cuma mengambil upah 3 persen saja," katanya.

Ditempat ia bekerja terlihat alat lengkap percetakan gipsum emas tersebut. Mulai dari alat peleburan, perebusan, pengipsuman, mesin vocum dan oven pemanas.

Selain itu, Ikrar juga menjelaskan cara kerja percetakan gipsum emas tersebut. Dikatakannya tahap awal yaitu proses pembuatan mal cetakan karet sesuai motiv yang diinginkan.

"Setelah itu model cetakan dikeluarkan untuk dilakukan proses injeksi lilin ke cetakan. Lalu membuat atau membentuk batang lilin, usai itu baru melakukan pengipsuman cetakan," katanya.

Tak hanya sampai di situ, Ikrar mengatakan juga, setelah pengipsuman tahap selanjutnya adalah merebus cetakan kira-kira hingga 2 jam. "Setelah direbus, cetakan dimasukan ke dalam oven dan dipanaskan kurang lebih selama 8 jam,".

"Setelah itu, tahap terakhir yaitu melakukan proses peleburan emas atau perak melalui mesin vocum. Begitulah prosesnya," jelas ... Baca halaman selanjutnya