PNP-Trakindo Seleksi Calon Mahasiswa Baru Kelas Kerjasama

Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri  (dua dari kiri) didampingi wakil Direktur II, Anton, meninjau pelaksanaan ujian UMBK mahasiswa baru kelas kerjasama dengan Trakindo, Sabtu, 11 Mei 2019.
Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri (dua dari kiri) didampingi wakil Direktur II, Anton, meninjau pelaksanaan ujian UMBK mahasiswa baru kelas kerjasama dengan Trakindo, Sabtu, 11 Mei 2019. (riki s)

PADANG, KLIKPOSITIF - Setelah sukses menggelar ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk kelas kerjasama dengan PLN beberapa waktu lalu, kali ini Politeknik Negeri Padang (PNP) kembali menggelar ujian seleksi untuk kelas kerjasama dengan PT Trakindo.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru program studi D3 Teknik Alat Berat itu, digelar di kampus PNP Limau Manis, dan seleksi tersebut dilakukan melalui Ujian Masuk Berbasis Komputer (UMBK).

Baca juga: 

Baca Juga

Politeknik Negeri Padang Buka Kelas Internasional, 5 Tahun Kuliah Dapat Gelar Master dari MSU Malaysia

Dukung Perkembangan Kota Padang, Direktur Politeknik Negeri Padang Teken Kerjasama dengan Walikota

Mau Jadi Karyawan PLN! Buruan Daftar Jadi Mahasiswa Kelas Kerjasama di Politeknik Negeri Padang

Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, kelas kerjasama dengan PT Trakindo ini dimulai sejak 2007 lalu, dan sejak dibuka hingga sekarang, PNP telah menamatkan sebanyak sembilan angkatan yang sudah bekerja di PT Trakindo di seluruh Indonesia.

"Bagi PNP, ini sebuah prestasi dan kepercayaan, karena kelas kerjasama ini hanya dilakukan oleh PT Trakindo dengan enam Politeknik di Indonesia," kata Surfa Yondri saat meninjau pelaksanaan UMBK, Sabtu, 11 Mei 2019.

Selain dengan PNP, lanjutnya, politeknik lain yang bekerjasama degan PT Trakindo adalah Politeknik Negeri Jakarta, TEDC Bandung, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Samarinda dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Dijelaskan Surfa Yondri, untuk tahun ini, jumlah calon mahasiswa yang mengikuti ujian seleksi kelas kerjasama berjumlah 399 orang. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan tahun lalu yang hanya berjumlah sebanyak 116 orang.

"Ini artinya, lulusan setingkat SMA yang berminat kuliah di kelas kerjasama ini cukup tinggi. Bahkan pesertanya ada yang berasal dari luar Sumbar. Paling jauh dari Sulawesi Barat," ujarnya.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk kelas kerjasama dengan Trakindo yang digelar hari ini, sebutnya, merupakan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang terdiri dari mata pelajaran Matekamtika, Fisika, Bahasa Inggrsi dan Bahasa Indonesia.

Setelah menjalani ujian TKA ini, para peserta nantinya akan melanjutkan ujan wawancara yang langsung dilakukan oleh manajemen PT Trakindo. Bagi yang lulus seleksi, nantinya setelah tamat di PNP, langsung bekerja di PT Trakindo.

Baca juga:

Mantap! Belum Diwisuda, 2 Mahasiswa PNP Sudah Jadi Karyawan Industri di Luar Negeri

'Tokoh Kartun' Inspiratif Warnai Kemeriahan Pekan Kreativitas Mahasiswa Politeknik Negeri Padang

Kemudian bagi yang tidak lulus di kelas kerjasama, bisa langsung diterima untuk kelas reguler jurusan Teknik Alat Berat di PNP, karena tahun ini PNP kembali membuka dua kelas reguler untuk jurusan Teknik Alat Berat.

"Satu kelas itu jumlahnya 24 orang. Jadi tahun ini, kami di PNP buka tiga kelas. Satu untuk kelas kerjasama dengan PT Trakindo, dan dua untuk kelas reguler," bebernya.

Lulusan kelas reguler jurusan Teknik Alat Berat ini, tambahnya, kualitas kelulusannya sama dengan kelas kerjasama.

"Artinya, ini kesempatan bagi yang tidak lulus, apalagi penerimaan mahasiswa baru untuk Teknik Alat Berat, tidak dibuka melalui Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)," pungkasnya.(*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Riki S