Tekan Harga Bawang Putih, Pemko Payakumbuh Gelar Operasi Pasar

"Pemko bersama pedagang pasar telah membuat komitmen agar harga bawang putih yang didapat melalui Operasi Pasar ini tidak dijual lebih dari Rp35ribu perkilonya"
Operasi Pasar yang dilaksanakan Pemko Payakumbuh di Pasar Ibuh Barat. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Tingginya harga bawang putih di pasaran dalam beberapa waktu belakangan disikapi Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dengan menggelar Operasi Pasar (OP) di Pasar Ibuh Barat, Sabtu (11/5).

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz yang hadir dalam kegiatan itu menyebut, dari pantauan pihaknya di Pasar Payakumbuh, harga bawang putih sempat mencapai angka Rp80 ribu perkilo.

"Setelah kami survei, harga bawang putih di pasar sudah mulai menurun ke angka Rp65 ribu perkilo. Tapi harga ini masih belum bisa membuat bawang putih tersebut dapat di jangkau oleh semua kalangan masyarakat," kata Erwin Yunaz, Sabtu (11/5).

Menurutnya, upaya untuk menekan inflasi bawang putih terus dilakukan Pemko Payakumbuh, salah satunya dengan melaksanakan Operasi Pasar.

"Kita dari Pemko berharap dapat menekan angka inflasi bawang putih yang terus melonjak naik. Pemko bersama pedagang pasar telah membuat komitmen agar harga bawang putih yang didapat melalui Operasi Pasar ini tidak dijual lebih dari Rp35ribu perkilonya," lanjtunya.

Dikatakan Erwin Yunaz, untuk bawang putih pada Operasi Pasar tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi pedagang yang bersal dari Kota Payakumbuh saja. Untuk pedagang dari daerah tetangga seperti Kabupaten Limapuluh kota, Agam, dan Tanah Datar juga bisa mendapatkannya langsung dengan datang ke lokasi Operasi Pasar.

"Pelaksanaan Operasi Pasar hanya berlangsung di dua kota di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kota Padang dan Kota Payakumbuh, sehingga bagi pedagang dari daerah lain yang Pemdanya tidak mengadakan Operasi Pasardapat datang langsung untuk mendapatkan harga bawang putih yang murah," jelasnya.

Untuk yang bisa mendapatkan bawang putih pada Operasi Pasar tersebut tidak hanya dibatasi pedagang saja, tapi konsumen juga bisa langsung mendapatkannya, namun demikian hanya Operasi Pasar hanya melayani permintaan dalam jumlah besar seperti koperasi atau kelompok ... Baca halaman selanjutnya