Raih 144 Ribu Suara, Mulyadi Cetak Sejarah

"Raihan ini sekaligus mengukir sejarah pencalegan di daerah ini"
Politisi Partai Demokrat untuk DPR dari Dapil Sumbar 2, Mulyadi (Ist)

KLIKPOSITIF - Fantastis dan fenomenal. Itulah yang pas dialamatkan kepada Mulyadi, Caleg Partai Demokrat untuk DPR dari Dapil Sumbar 2 ini. Dari 81 caleg yang bertarung (dari 14 parpol, minus Hanura dan PKPI), Mulyadi sukses meraup 145.010 suara.

Raihan ini sekaligus mengukir sejarah pencalegan di daerah ini. Jika dikalkulasikan dengan total suara sah di Dapil Sumbar 11 untuk DPR RI yang mencapai 1.176.300 suara, maka politisi prorakyat ini mendapat dukungan 12,4 persen.

"Ini adalah persentase elektabilitas tertinggi sepanjang sejarah pileg di Sumbar. Untuk mencapai angka 10 persen saja di tengah kompetisi alot, agak susah," ujar pengamat politik dari Unand , Edi Indrizal.

Dia menyebut, pencapaian persentase elektabilitas itu, tak terlepas dari kiprah yang diperbuat Mulyadi selama mengabdi di Senayan. Amanah yang diberikan rakyat kepada Mulyadi, benar-benar dilakoni dengan baik.

Meskipun Pemilu 17 April lalu di Sumbar bisa dikatakan milik Prabowo-Sandi yang memperoleh 87 persen suara. Momentum Pilpres dan Pileg bersamaan ini membuat Partai Gerindra sangat beruntung karena mendapat efek ekor jas yang luar biasa.

Tetapi karena personal Mulyadi sangat kuat dalam ingatan masyarakat Sumbar yang telah berbuat selama ini, walau Gerindra juara di Dapil Sumbar 2, tetapi secara personal, suara Mulyadi tetap tak terkalahkan oleh caleg lain.

"Saat kami survei elektabilitas calon anggota DPR dari Sumbar, khusus Mulyadi tak hanya dikenal, tapi juga paling disukai. Faktor pendorongnya, antara lain adalah sukses menggiring dana APBN ke Sumbar yang boleh dikatakan melebihi porsinya. Hasilnya membekas sehingga rakyat Sumbar, sulit melupakan jasa Mulyadi," terangnya.

Edi Indrizal benar. Para kader Demokrat mengakuinya. Masyarakat pun menikmatinya. Misalnya, Fly over kelok sembilan yang 'berkelas' dan mendunia itu, sulit masyarakat memisahkannya dengan Mulyadi. Karena dialah aktor percepatan pembangunan kelok ... Baca halaman selanjutnya