Di Pasar Payakumbuh, Harga Daging Sapi dan Cabai Merangkak Naik

"Memang terjadi kenaikan beberapa harga kebutuhan pokok tapi kenaikannya masih di angka aman"
Rombongan Pemko Payakumbuh saat melakukan Sidak ke Pasar Ibuh, Senin (13/5). (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Memasuki hari ke-8 bulan Suci Ramadan 1440 H, harga beberapa kebutuhan pokok di Pasar Ibuh Kota Payakumbuh mulai merangkak naik, seperti harga cabai merah dan daging sapi.

Untuk harga cabai merah diketahui merangkak naik ke Rp35 ribu perkilogram dari harga sebelumnya Rp32 ribu. Kemudian, harga daging sapi dari Rp110 ribu perkilogram juga naik menjadi Rp120 ribu.

"Memang terjadi kenaikan beberapa harga kebutuhan pokok tapi kenaikannya masih di angka aman. Naiknya harga juga terjadi karena permintaan yang semakin tinggi, seperti daging, di bulan Ramadan ini cukup banyak warga yang memasak rendang," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh, Rida Ananda saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Ibuh Payakumbuh, Senin (12/5) siang.

Meski sejumlah harga mengalami kenaikan, beberapa bahak pokok lain, seperti harga beras dan ayam masih tetap stabil.

"Harga beras normal di angka Rp13 ribu perkilogram dan ayam stabil dengan harga Rp25-26 ribu perkilogram," jelas Rida Ananda.

Sementara itu, untuk harga bawang putih yang beberapa waktu sebelumnya sempat mencapai angka Rp80 ribu perkilogram mulai menurun drastis ke angka Rp35 ribu perkilogram.

Dalam kegiatan Sidak pasar tersebut, Rida Ananda didampingi Asisten II Kota Payakumbuh Elzadaswarman, Kabag Perekonomian Arif Siswandi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pasar dan UMKM Kota Payakumbuh, Herlina, dan Kadis Tenaga Kerja dan Industri, Wal'asri.

"Sidak Pemko ini kita lakukan dalam rangka melihat harga bahan pangan di pasar agar harga bahan pokok tetap stabil dan mencukupi selama Ramadan dan semoga pasokan bisa tetap aman sampai lebaran," pungkasnya kemudian. (*)