Pemko Payakumbuh Kucurkan Rp60 Juta untuk Masjid yang Melaksanakan Pesantren Ramadan

"Untuk kita di Payakumbuh, masing-masing masjid yang melaksanakan pesantren Ramadan kita bantu sebesar Rp1 juta. Total masjid yang melaksanakan pesantren Ramadan di kita ada 60 masjid, jadi totalnya Rp60 juta"
Ilustrasi kegiatan pesantren Ramadan. (KLIKPOSITIF)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengucurkan dana sebesar Rp60 juta yang akan diserahkan untuk masjid-masjid pelaksana kegiatan pesantren Ramadan. Tercatat ada 60 masjid di daerah tersebut yang melaksanakan pesantren Ramadan 1440 H.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion menerangkan, pesantren Ramadan tahun ini akan dilaksanakan selama enam hari, yaitu dari 20 sampai 25 Mei 2019.

"Untuk kita di Payakumbuh, masing-masing masjid yang melaksanakan pesantren Ramadan kita bantu sebesar Rp1 juta. Total masjid yang melaksanakan pesantren Ramadan di kita ada 60 masjid, jadi totalnya Rp60 juta," jelas Agustion, Senin 13 Mei 2019.

Diterangkannya, untuk peserta pesantren Ramadan adalah siswa SD mulai dari kelas 4 sampai 6 dan seluruh tingkatan siswa SMP wajib mengikutinya.

"Pesantren ramadhan menjadi salah satu unsur penilaian di sekolah, masuknya kepada penilaian karakter siswa," lanjutnya.

Dijelaskannya, pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pesantren Ramadan terus dilakukan setiap tahunnya. Pihaknya juga cukup terbuka dalam menerima masukan dan saran dari seluruh lapisan.

"Kalau dulu, anak cuma kegiatan separuh hari namun untuk tahun ini, kegiatannya selama full 1 hari, jam 9 sampai setelah sholat ashar," terang Agustion.
Ia juga berharap, semoga pesantren Ramadan tahun ini berjalan lancar dan sukses sesuai dengan harapan Wali Kota Payakumbuh agar terjadi perubahan karakter dan akhlak anak didik setelah mengikuti proses belajar di pesantren Ramadan nanti.

"Karena itu, perlu dukungan dari masyarakat juga agar pelaksanaan pesantren Ramadan bisa dirasakan manfaatnya oleh siswa-siswa yang ikut," pungkasnya kemudian. (*)