Mengenal 3 Teknologi Mesin Pertanian yang Bisa Permudah Kerja Petani

"Ketiga alat tersebut adalah Combine Harvester, Transplanter, dan Traktor Bajak"
Combine Harvester, salah satu alat dan mesin pertanian yang kerap digunakan petani untuk mempermudah proses panen (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kehadiran alat dan mesin pertanian berbasis teknologi telah membantu produksi petani di Indonesia sejak tahun 2010. Sebab sejak 9 tahun yang lalu, penggunaan alat dan mesin pertanian (Alsintan) telah digalakkan oleh pemerintah.

Setidaknya ada tiga alat yang bisa membantu kerja petani baik itu dari proses panen, tanam hingga pembajakan area pertanian. Ketiga alat tersebut adalah Combine Harvester, Transplanter, dan Traktor Bajak.

Yuk, kenali sistem kerja tiga alat itu. Simak di bawah ini:

1. Combine Harvester
Mesin ini adalah alat yang digunakan untik memanen tanaman Serealia. Mesin ini, seperti namanya, merupakan kombinasi dari tiga operasi yang berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi, dijadikan satu rangkaian operasi.

Di antara Serealia yang dipanen antara lain gandum, oat, rye, barley, jagung, kedelai, dan flax. Batang Serealia atau jerami ditinggalkan di lahan untuk memberikan nutrisi dan menambah kadar organik bagi tanah, atau dikumpulkan kembali dengan mesin baler (pembuat bale, gulungan jerami) dan dipadatkan untuk diberikan ke hewan ternak.

Combine Harvester adalah salah satu penemuan penting di bidang pertanian karena mampu menghemat biaya tenaga kerja dan mengefisiensikan usaha tani.

Alat ini bekerja dengan memasukkan tanaman yang akan dipanen ke dalam mesin pemotong yang ada dalam mesin tersebut. Setelah itu tanaman akan dialirkan ke perontok menggunakan auger dan konveyor.

Biji-bijian yang rontok akan jatuh ke nampan di bawahnya, dengan memanfaatkan getaran yang dihasilkan mesin, biji-bijian mengalir ke ayakan dan dari ayakan utama lalu jatuh ke kaki auger biji-bijian untuk dibawa ke tangki biji-bijian.

Sementara jerami yang mungkin masih mengandung biji-bijian lalu dibawa sambil digetarkan di ... Baca halaman selanjutnya