Dua Tahun Terakhir Polresta Padang Petakan 13 Titik Macet, Apa Penyebabnya?

"Titik kemacetan tersebut terbagi tiga kriteria yaitu mulai dari kemacetan 15 menit, 30 menit hingga kemacetan lebih dari 30 menit."
Ilustrasi (Youtube)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 13 titik kemacetan tersebar di Kota Padang sejak dua tahun terakhir, kemacetan tersebut kebanyakan terjadi karena jalan yang tidak bisa menampung kendaraan.

Titik kemacetan tersebut terbagi tiga kriteria yaitu mulai dari kemacetan 15 menit, 30 menit hingga kemacetan lebih dari 30 menit.

Titik kemacetan selama 15 menit di Kota Padang berada di enam lokasi yaitu di Jalan Adi Negoro, tepatnya di depan Pasar Lubuk Buaya, Simpang Tinju, Jalan Baypas Simpang Kuranji, Jalan Bagindo Aziz Chan tepatnya di depan POS Indonesia, Jalan Baypas Lubeg dan Simpang Bukit Putus.

"Untuk kemacetan selama 15 menit ini terjadi karena keadaan jalan yang sempit seperti di Jembatan Andalas, keadaan jalan yang berlobang memaksa pengendara agar lebih pelan, ditambah lagi keadaan jalan yang sempit," ujar Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya, Selasa 14 Mai 2019.

Titik kemacetan selama 30 menit terjadi di lima titik yaitu di Pasar Siteba, Jembatan Andalas, Jalan Permindo, Depan Basko dan Pasar Bandar Buat.

"Untuk titik kemacetan selama 30 menit ini terjadi memang di lokasi keramaian seperti Jalan Permindo yang diisi oleh pedagang kaki lima sehingga membuat jalan semakin sempit," lanjutnya.

Penyebab kemacetan lainnya untuk kriteria tersebut seperti di depan Basko karena banyaknya mobil yang parkir memakan badan jalan sehingga menimbulkan penyempitan badan jalan.

Untuk kemacetan lebih dari 30 menit terjadi di dua titik saja di Kota Padang, yaitu di panorama satu dan dua serta di daerah Bukit Lampu.

"Untuk kemacetan lebih dari 30 menit ini hanya terjadi saat adanya bencana saja seperti longsor di daerah Sitinjau Lauik," sambungnya.

Untuk mengatasi kemacetan tersebut, pihaknya melakukan empat hal agar keadaan lalu lintas di Kota Padang tetap aman dan nyaman.

Hal pertama yang dilakukan utuk mengatasi kemacetan adalah dengan melakukan pengaturan dan ... Baca halaman selanjutnya