TSR Pemkab Tanah Datar Kunjungi Nagari Minangkabau, Wali Nagari 'Ngadu'

"Pada kesempatan itu, Wali Nagari Minangkabau Imhar mengadu kepada pemerintah daerah soal pembangunan masjid yang saat ini membutuhkan dana sekitar Rp7 miliar lagi."
Ketua TSR VIII Pemkab Tanah Datar Burnalis (kiri) menyerahkan bantuan dana pembangunan masjid kepada pengurus Masjid Baitul Makmur Minangkabau. (KLIKPOSITIF)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Tim VIII Safari Ramadan (TSR) Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang dipimpin Ketua Pengadilan Agama Batusangkar, Burnalis mengunjungi Masjid Baitul Makmur Badinah Murni, Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Selasa malam, 14 Mei 2019.

Pada kesempatan itu, Wali Nagari Minangkabau Imhar mengadu kepada pemerintah daerah soal pembangunan masjid yang saat ini membutuhkan dana sekitar Rp7 miliar lagi.

"Program pembangunan masjid selama dua tahun ini dengan bahu membahu masyarakat dan perantau telah terserap dana sekitar Rp4 miliar dari target Rp11 miliar selesai pembangunannya," kata Imhar.

Ia mengharapkan kepada TSR Pemkab Tanah Datar untuk dapat mengupayakan bantuan ini kepada pihak-pihak terkait lainnya seperti Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kementerian Agama RI.

Sementara itu, Ketua Tim VIII TSR, Burnalis menyebutkan kegiatan Safari Ramadan ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahim antara pemerintah daerah dan masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, kita juga akan menampung aspirasi dan keluhan dari masyarakat tentang pembangunan Tanah Datar ke depannya," kata Ketua Pengadilan Agama Batusangkar ini.

Terkait dengan aspirasi masyarakat tersebut, ia mengatakan akan menampung keluhan itu dan akan menyampaikannya kepada Pemkab Tanah Datar dan instansi terkait lainnya.

Burnalis secara khusus menyampaikan bahwa Pengadilan Agama akan membantu status perkawinan masyarakat seperti cerai, damai kembali, sidang isbath nikah massal, dan sidang nikah keliling.

Pada kesempatan itu, Pemkab Tanah Datar melalui Tim Ramadan memberikan bantuan kepada pengurus masjid berupa kitab suci Al Quran dan Tafsir serta dana bantuan pembangunan sebesar Rp10 juta.

Ikut dalam TSR ini Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Sekretaris Dinas Parpora Dedi Prihatin, Irban Wilayah I Inspektorat Ismet Rizal, Penceramah Ustadz Dadan Hendarsyah, Dai Cilik Siti ... Baca halaman selanjutnya