Pertumbuhan Lanju Kendaraan Haruskan Pemerintah Tingkatkan Ruas Jalan

"Tahun ini masih banyak proses lelang untuk proyek pembangunan jalan, hal tersebut juga berlangsung pada proyek nasional di Balai Jalan"
Perbaikan jalan diruas Alahan Panjang, Kabupaten Solok (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pertumbuhan laju kendaraan mengharuskan pemerintah melakukan peningkatan terhadap jalan, baik jalan nasional, provinsi maupun kabupaten dan kota. Termasuk ruas - ruas jalan di Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas PU Sumbar Fathol Bari mengungkapkan saat ini sedang berlangsung proses tender untuk proyek - proyek pembangunan dan pelebaran jalan dalam rangka memberikan yang terbaik untuk pengguna jalan.

"Tahun ini masih banyak proses lelang untuk proyek pembangunan jalan, hal tersebut juga berlangsung pada proyek nasional di Balai Jalan," ujarnya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Rabu, 15 Mei 2019.

Dijelaskannya, pada dasarnya sama pemerintah baik pusat maupun daerah terus melakukan proses pemeliharaan supaya akses lancar. Terkait pelebaran jalan di Kota Padang yang menjadi tanggungjawab provinsi, jalan Teluk Bayur - Nipah.

"Untuk jalan provinsi yang dilakukan pelebaran Teluk Bayur - Nipah, sekarang tinggal aspal saja lagi," terangnya.

Kemudian pihaknya tengah melakukan perbaikan ruas jalan yang akan dijanjikan mudik lebaran. Fathol memastikan jalan mulus sebelum mudik lebaran.

"Semua titik yang rusak kami perbaiki seperti di jalur Solok, Sumani, Paninggahan, Alahan Panjang, hampir semua dan merata kami lakukan perbaikan. Insyaallah menjelang mudik lebaran selesai," ungkapnya.

Dipaparkannya, sempat menemui kendala terkait perbaikan jalan karena belum banyak perusahaan aspal yang beroperasi sehingga agak terkendala mendapatkan aspal.

"Sekarang sudah aman," tukasnya.

Sebelumnya Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan PU Sumbar, Dedi Rinaldi mengatakan kewenangan pemeliharaan jalan telah diserahkan kepada Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) pemeliharaan jalan.

"PU Sumbar sudah punya 6 UPTD pemeliharaan. Jadi kewenangan dan program pemeliharaan sekarang ada di UPTD," kata Dedi.

Dijelaskannya, UPTD pemeliharaan telah melakukan perbaikan sejak awal ... Baca halaman selanjutnya