Delapan Kali Raih WTP, Ketua DPRD Tanah Datar Tetap Minta Bimbingan BPK

"Sekecil apapun potensi permasalahan keuangan, bisa diatasi berkat bimbingan dan arahan dari BPK, maka agar APBD tetap stabil, kita tetap mengharapkan bimbingan dan arahan dari BPK"
Bupati Irdinansyah Tarmizi (kanan) foto bersama dengan Ketua DPRD Anton Yondra dan Kepala BPK RI perwakilan Sumbar Pemut Arya Wibowo usai menerima opini WTP (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Ketua DPRD tanah Datar, Sumatera Barat Anton Yondra menyampaikan pemerintahan daerah masih tetap mengharapkan bimbingan dan arahan dari BPK RI meski telah delapan kali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan daerah.

“Sekecil apapun potensi permasalahan keuangan, bisa diatasi berkat bimbingan dan arahan dari BPK, maka agar APBD tetap stabil, kita tetap mengharapkan bimbingan dan arahan dari BPK,” kata Anton di Batusangkar, Rabu 15 Mei 2019.

Ia menyebut perolehan opini WTP yang ke delapan kalinya ini dimana tujuh kali diraih secara berturut-turut sejak 2012 sampai 2018 dan sekali pernah diraih pada 2009, hal ini menunjukan Pemkab Tanah Datar terus bekerja keras untuk menjalankan roda pemerintahan dengan baik, benar, dan bersih.

Untuk itu, ujarnya, pihak legislatif memberikan apresiasi dan akan terus mendorong pemerintah daerah meningkatkan kinerja di semua aspek.

“Opini WTP yang diperoleh Pemkab Tanah Datar dari BPK ini, menjadi referensi penting bagi legislatif. Dengan opini WTP ini, DPRD akan semakin terbantu dalam menunaikan tugas-tugas pokoknya, terutama di bidang penganggaran dan pengawasan,” tutur Anton.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersyukur atas perolehan opini WTP dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018.

“Alhamdulillah, kita kembali menerima opini WTP dari BPK, ini prestasi terbaik yang harus tetap dipertahankan,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan selain memang sudah mekanisme yang berlaku dalam pengelolaan keuangan dan aset pemerintah, pemeriksaan BPK sangat dibutuhkan karena banyak sisi positifnya. Bagi Pemkab Tanah Datar, pemeriksaan yang dilakukan BPK menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja.

“Penting sekali artinya bagi kami untuk meningkatkan kinerja, sekaligus momen untuk tetap menjaga diri agar terhindar dari ... Baca halaman selanjutnya