Disparpora Payakumbuh Buka Pendaftaraan Pemuda Pelopor 2019, Ini Syaratnya

Disparpora Kota Payakumbuh.
Disparpora Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh masih akan menerima pendaftaran untuk Pemuda Pelopor 2019. Hal itu sesuai dengan surat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat No:427/1/412/Dispora-III/2019 tanggal 31 Januari 2019 tentang pemilihan Pemuda Pelopor.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disparpora Kota Payakumbuh , Delni Putra mengatakan, sesuai surat edaran yang diterima tersebut, para pemuda yang ingin mengikuti seleksi pemuda pelopor tahun 2019 diminta memberikan biodata lengkap dengan mendatangi Disparpora dan memberikan dokumen paling lambat sampai dengan 17 mei 2019 di Bidang Pemuda dan Olahraga Dispapora Kota Payakumbuh .

baca juga: Pedagang Pasar Payakumbuh Ajukan Sejumlah Syarat Pada Pemko Sebelum Dilakukan Swab Massal

"Seleksinya dilaksanakan secara berjenjang mulai dari kota, provinsi, hingga ke pusat," kata Delni Putra.

Kegiatan pemilihan pemuda pelopor merupakan program rutin tahunan yang berkesinambungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dilaksanakan dengan melibatkan provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia dengan tujuan memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pemuda atas prestasi dan kontribusi yang luar biasa untuk masyarakat.

baca juga: MPP Payakumbuh Akan Kembali Buka Pelayanan Setelah PSBB Tahap III Berakhir

Untuk persyaratan, peserta berusia 16-30 tahun, bukan Pegawai Negara Sipil (PNS/BUMN/BUMD), belum pernah melakukan perbuatan tercela atau merugikan masyarakat ditandai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

"Yang bersangkutan jbelum pernah mendapatkan penghargaan terbaik I, II dan III dalam Pemilihan Pemuda Pelopor dan penghargaan lainnya dari Kemenpora. Juga tidak sedang mengikuti seleksi pemilihan lainnya yang di laksanakan Kemenpora untuk 2019 ini," terang Delni.

baca juga: Belajar Dari Pasar Raya Padang, Swab Tes Akan Dilakukan Terhadap Ratusan Pedagang Pasar Payakumbuh

Delni Putra berharap dengan adanya pemilihan pemuda pelopor 2019 ini, para pemuda dapat menjadi pelopor perubahan dengan inovasi dan kreatifitas di tengah-tengah masyarakat.

"Prestasi harus dihargai agar semakin memotivasi. Di samping itu juga bisa menjadi teladan bagi kaum muda lain untuk melakukan aktifitas positif. Saatnya berbakti dan mengabdi dengan karya dan kerja nyata," pungkasnya. (*)

baca juga: Lakukan Swab Mandiri, Guru di Payakumbuh Positif COVID-19

Penulis: Taufik Hidayat