Tiket Pesawat Mahal, Dishub Sumbar Siapkan Mudik Gratis

"Dinas Perhubungan Sumbar tengah mempersiapkan pelayanan mudik gratis dengan moda transportasi laut dari Tanjung Periok, Jakarta-Teluk Bayur Padang"
Kapal Basarnas sedang bersandar di pelabuhan Tua Pejat, Mentawai/Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Perhubungan Sumbar tengah mempersiapkan pelayanan mudik gratis dengan moda transportasi laut dari Tanjung Periok, Jakarta-Teluk Bayur Padang.

Hal ini menyusul melambungnya harga tiket pesawat, lantaran hingga saat ini polemik tingginya harga tiket belum menunjukkan tanda akan mengalami penurunan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Heri Nofiardi mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi awal terkait persiapan angkutan Lebaran tahun 2019 untuk transportasi laut bersama sejumlah instansi dan stakeholder sektor transportasi laut.

"Untuk sektor laut kami sudah rapat awal, rute masih sama tahun kemarin Padang-Mentawai. Kemudian tahun ini kami berencana menyiapkan mudik gratis Padang-Jakarta, terus nanti kapan jadwal dan dermaganya akan kami rapatkan lagi," ujar Heri, Rabu 15 Mei 2019.

Mengenai arus mudik dan arus balik lebaran Idulfitri 1440 Hijriyah, kata Heri, pihaknya akan segera melakukan rapat untuk persiapan angkutan darat dan udara. Rapat koordinasi ini juga melibatkan instansi terkait guna menyiapkan moda transportasi yang akan di gunakan.

"Rencananya tanggal 21 Mei 2019 kami akan rapat bersama stakeholder terkait seperti, Dirlantas dan sebagainya. Nanti dari sana, akan keluar ide-ide apa saja yang perlu dibenahi," tukasnya. (*)