Cerita Yanuar, Petugas Kebersihan dan Taman di Balai Kota Pariaman

Yanuardi
Yanuardi (Istimewa)

PARIAMAN KLIKPOSITIF -- Dalam bekerja, kebersihan dan kenyamanan lingkungan sangat berpengaruh sekali dalam menyelesaikan semua aktivitas di perkantoran, termasuk juga keindahan taman di halaman dan lingkungan perkantoran.

Dengan indahnya taman di halaman dan lingkungan perkantoran akan membawa suasana hati bersemangat dalam memulai setiap aktivitas yang akan dilakukan, perasaan bahagia dan nyaman akan terasa ketika melihat taman yang indah tersebut pada saat memasuki halaman dan lingkungan perkantoran.

baca juga: 250 Personel Disiagakan untuk PSBB Libur Lebaran di Pariaman

Itulah kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh Yanuardi (yan) seorang petugas kebersihan dan taman yang ada di lingkungan kerja Balaikota Pariaman . Setiap pagi sebelum kegiatan apel pagi atau upacara dimulai ia sudah harus menyelesaikan tugasnya membersihkan lingkungan perkantoran bersama tiga rekannya di lokasi yang berbeda.

“Setiap harinya saya datang pukul 05.30 WIB untuk memulai pekerjaan saya membersihkan halaman dan lingkungan kantor yang ada di Balai Kota Pariaman . Setelah itu baru saya melakukan perawatan tanaman yang ada di taman kantor dan memotong atau membentuk tanaman yang sudah cukup umur tersebut sehingga indah di pandang oleh mata yang melihatnya,” ungkap lelaki tamatan dari SMK Negeri Jurusan Mesin ini ketika diwawancarai Rabu 15 Mei 2019, di sela-selasa aktivitasnya.

baca juga: Lebaran di Tengah Pandemi COVID-19, Begini Aturannya di Pariaman

“Sebenarnya untuk membentuk tanaman ini kita harus mempunyai jiwa seni yang tinggi dan sekaligus kita harus berani berinovasi supaya tanaman yang kita bentuk ini kelihatan cantik dan sedap di pandang mata. Selain itu saya juga sering melihat-lihat bentuk tanaman di daerah lain yang saya kunjungi, jika konsepnya bagus dan bisa diterapkan di sini, kenapa tidak kita lakukan demi keindahan taman kita di sini,” ujar pria yang sudah tiga tahun bekerja jadi petugas kebersihan dan taman di Kantor Balai Kota Pariaman ini.

Pria yang baru saja menikah pada bulan Januari Tahun 2019 ini juga mengatakan bahwa dia sangat menikmati sekali pekerjaan yang diamanahi kepadanya dan dia akan selalu melakukan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya sehingga Kantor Balai Kota ini akan terlihat indah, asri dan sedap di pandang oleh siapa saja yang datang mengunjunginya.

baca juga: Lebaran Saat PSBB Masih Berlaku, Objek Wisata Pariaman Terpaksa Ditutup

Yanuardi juga meminta apa yang dia lakukan dan terapkan di taman Balai Kota ini walaupun belum maksimal bisa juga ditiru oleh petugas pertamanan yang ada di sepanjang jalan mulai dari gerbang Kota, Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan hingga ke Utara. Karena ia melihat konsep dari taman-taman yang ada di sepanjang jalan tersebut tidak jelas walaupun dirawat dan dibersihkan setiap harinya.

ia juga berharap supaya pimpinan lebih mengerti dan menempatkan orang-orang yang memang mempunyai jiwa seni dan kreatifitas tinggi di taman tersebut sehingga bisa membuat taman-taman di sepanjang jalan itu kelihatan asri dan bisa membawa pengunjung yang melewati jalan tersebut berhenti sejenak hanya untuk berselfie di keindahan taman itu.

baca juga: Peras Pasangan yang Lagi Pacaran, Satu Pelaku Diamankan Polisi di Pariaman

[Rehasa]

Penulis: Iwan R