LKAAM Sawahlunto : Fungsi Mamak Dalam Membimbing Kemenakan Sangat Penting

"Seorang mamak hendaknya dekat dengan kemenakan sehingga fungsi mamak dalam membimbing dan mengawasi memiliki peran penting"
Pertemuan Rutin Ninik Mamak Dengan Pemerintah Kota Sawahlunto (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sawahlunto Adi Muaris Khatib Kayo mengatakan agar mamak meningkatkan intensitas bertemu dengan kemenakannya. Hal itu bertujuan agar mamak dapat membimbing dan tidak jauh dari kemenakannya.

"Seorang mamak hendaknya dekat dengan kemenakan sehingga fungsi mamak dalam membimbing dan mengawasi memiliki peran penting," katanya di Sawahlunto, Rabu 15 Mei 2019.

Bahkan, lanjut Muaris, seorang mamak harus bisa dipercaya oleh kemenakannya sebagai tempat mengadu dari permasalahan yang dihadapi oleh mereka. "Alangkah lebih bagus kemenakan bercerita ke mamaknya, daripada ke orang lain yang belum tentu menemukan solusi yang sesuai dengan norma adat dan agama," ujarnya.

Selain itu, Muaris juga menghimbau agar pertemuan suku dapat digiatkan kembali. "Pertemuan suku sekali sebulan itu sangat diperlukan. Hal itu dapat meningkatkan silaturahmi dan siapa mamak, siapa kemenakan, siapa datuak dan lainnya. Momen pertemuan suku juga dapat menjadi menjemput aspirasi kemenakan oleh mamak" pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan apa yang disampaikan oleh Ketua LKAAM Sawahlunto sesuai dengan apa yang digagasnya dalam memberdayakan nilai agana, adat dan budaya masyarakat.

"Kami tentu mendukung hal tersebut. Melalui pemerintahan desa dalam Anggaran Dana Desa untuk mengakomodir kegiatan yang berkaitan dalam pengembangan nilai agama, adat dan budaya. Jadi ninik mamak silahkan lakukan koordinasi dengan pihak Desa begitu juga sebaliknya," kata Deri.

Deri menembahkan, dalam hal mengawasi kemenakan, ninik mamak dituntut untuk berpandai-pandai, sebab tantangan yang dihadapi sudah jauh berbeda.

"Kemenakan kita ini masuk di era millenial. Membimbingnya perlu trik-trik tertentu pula, tidak bisa terlalu dipaksakan. Dipaksa keras akan melawan, sementara lunak tidak diacuhkan," pungkasnya.(*)