Masjid Istiqlal di Renovasi, PUPR: Salat Idul Fitri Tidak Akan Terganggu

" kalau ada pekerjaan di luar pada saat Idul Fitri ini kan kita baru mulai bekerja, tentu saja ada hal yang ditutup misalnya kapasitas luar dan sebagainya akan berkurang tidak seperti sekarang"
(Net)

KLIKPOSITIF -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) akan merenovasi Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat. Renovasi yang baru akan dimulai ini disebut tidak akan menganggu pelaksanaan ibadah, termasuk salat Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Sekarang saya mengikuti dari awal proses ini, sehingga ibadah pun tidak terganggu apalagi pada saat Idul Fitri," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR Danis Hidayat di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Danis menuturkan, pelaksanaan Salat Idul Fitri tidak akan terganggu lantaran tempat salat hanya akan digunakan di lantai utama dan pelataran. Ia menerangkan, renovasi yang dilakukan menjelang Salat Ied akan berpusat di basement Masjid Istiqlal.

Berkaca pada salat Idul Fitri tahun sebelumnya, basement masjid jarang digunakan jamaah untuk salat Idul Fitri.

"Bahwa fungsi untuk salat di lantai utama dan pelataran tidak terlalu berpengaruh. Saya kira kalau pada saat Idul Fitri kita baru bergerak di basement, basement tidak terlalu terganggu jarang yang ikut salat karena basement fungsinya perkantoran," kata dia.

Kendati demikian, pihaknya akan mengevaluasi jumlah kapasitas jamaah salat Idul Fitri yang ada di luar masjid.

"Mudah-mudahan kita akan evaluasi. Nah kalau ada pekerjaan di luar pada saat Idul Fitri ini kan kita baru mulai bekerja, tentu saja ada hal yang ditutup misalnya kapasitas luar dan sebagainya akan berkurang tidak seperti sekarang," tandasnya.

Untuk diketahui, Kementerian PUPR telah melakukan penandatanganan kontrak renovasi Masjid Istiqlal.

Renovasi Masjid Istiqlal menyusul amanat Presiden Jokowi kepada Basuki Hadimuljono untuk melaksanakan renovasi Masjid Istiqlal melalui perencanaan, pelelangan dan pelaksanaan renovasi. Renovasi bertujuan untuk mewujudkan Masjid Istiqlal sebagai Masjid Negara yang indah dan menjadi kebanggan bangsa Indonesia pada Bulan Ramadhan Tahun 2018.

Untuk ... Baca halaman selanjutnya