Dubes AS Kunjungi Sumbar, Gubernur Sebut Bahas Hal Ini

"Kemarin kami bertemu dan berbincang-bincang. Mereka punya beberapa agenda di Sumbar ke Unand dan melihat beberapa lokasi untuk melihat Sumbar lebih dekat"
Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Mr. Joseph R. Donovan Jr, di rumah dinas Gubernur Sumbar, Rabu siang, 15 Mei 2019. (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, telah menerima kunjungan duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Mr. Joseph R. Donovan Jr, di rumah dinas Gubernur Sumbar, Rabu siang, 15 Mei 2019.

"Kemarin kami bertemu dan berbincang-bincang. Mereka punya beberapa agenda di Sumbar ke Unand dan melihat beberapa lokasi untuk melihat Sumbar lebih dekat," katanya, Kamis, 16 Mei 2019.

Gubernur mengatakan, tujuan rombongan Dubes Amerika Serikat salah satunya membahas kerja sama pertukaran mahasiswa dan dosen, diantaranya Unand Padang. Sebagai tindak lanjut Dubes AS akan mengadakan pertemuan dengan petinggi Unand.

"Selanjutnya kita akan mengirim staf perguruan tinggi ke Amerika Serikat untuk bahas masalah pertukaran mahasiswa, dan juga mengirim beberapa instansi terkait kerjasama investasi lainnya," jelas Irwan.

Dilanjutkannya, dalam pembicaraan dengan kedubes, dirinya menyampaikan kondisi budaya, parawisata, ekonomi, sosial dan politik di Sumbar.

"Tak lupa saya sampaikan peluang investasi di Sumbar, semoga saja mereka tertarik," ujarnya.

Sementara, Joseph R Donovan Jr mengaku baru pertama kali mengunjungi Sumbar. Banyak yang akan di pelajari tentang karakteristik unik orang-orang Minangkabau.

"Banyak yang harus saya pelajari di Sumbar, mulai dari budaya dan karakteristik unik orang-orang Minangkabau, orang disini kebanyakan ramah dan suka membantu, apalagi kunjungan ini bertepatan dengan Ramadan," tuturnya

Kunjungan tersebut merupakan dalam rangka memeriahkan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat, sekaligus membahas pertukaran kebudayaan. (*)