Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek Masih dalam Tahap Evaluasi Menuju Nagari Definitif

"Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek sudah di Perda kan pada 2017 lalu"
Penyerahan bantuan kepada pengurus masjid (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Menjelang memasuki sepuluh hari pertama di bulan Ramadan 1440 H, Wakil Bupati Ferizal Ridwan bersama Tim II Safarai Ramadan Pemkab Limapuluh Kota-Sumbar kunjungi Nagari Koto Tinggi Maek, Rabu 15 Mei 2019.

Kunjungan tersebut bertempat di Masjid Wakaf, Jorong Koto Tinggi Maek III, Nagari Koto Tinggi Maek, Kecamatan Bukit Barisan.

Ferizal Ridwan dalam kunjungannya mengatakan, selain jalan dan jembatan, tindak lanjut Nagari Persiapan merupakan permasalahan utama yang diminta warga untuk ditindaklanjuti. Ia menjelaskan terkait hal tersebut, menurutnya butuh waktu 2 tahun sejak disahkannya sebagai Nagari Persiapan sebelum menuju Nagari Definitif.

"Selama 2 tahun tersebut, pemerintah melihat perkembangan dari nagari persiapan tersebut. Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek sudah di Perda kan pada 2017 lalu. Kini masih dalam tahap evaluasi menuju nagari definitif," kata Wakil Bupati Limapuluh Kota.

Ia mengakui saat ini masih ada kelemahan Pemkab Limapuluh Kota terhadap Nagari Persiapan, yaitu tidak adanya blue print yang dimiliki Pemkab Limapuluh Kota tentang Nagari Persiapan tersebut sehingga hal tersebut memperlambat proses Nagari Persiapan menuju nagari definitif.

"Apabila blue print sudah ada, tentu sudah bisa direncanakan pembangunan ataupun pengembangan nagari persiapan untuk menuju nagari definitif. Contohnya, dalam waktu 2 tahun sudah ada gambaran dari nagari persiapan ini," katanya lagi.

Ia menambahkan meskipun hal tersebut terjadi, warga di Nagari Persiapan harus tetap bersabar menjelang perubahan status ke Nagari Definitif. Selain itu, Ferizal Ridwan meminta warga di Nagari Persiapan untuk menyiapkan lahan dan tempat strategis untuk pembangunan infrastruktur nantinya.

[Ade Suhendra]