Pemko Payakumbuh Matangkan Persiapan 66 Kafilah untuk MTQ Sumbar ke-38

"MTQ Sumbar ke-38 di Kota Solok akan mempertandingkan 11 cabang dan itu artinya Kota Payakumbuh ikut ambil bagian untuk semua cabang"
Kabag Kesra Pemko Payakumbuh, ul Fakhri. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 66 kafilah yang akan mengikuti 11 cabang dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sumatera Barat ke-38 di Kota Solok, 14 Juni nanti.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Ul Fakhri menyebut, untuk memastikan kesiapan seluruh kafilah Kota Payakumbuh untuk MTQ nanti, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh telah melaksanakan serangkaian training centre (TC) yang tujuannya mematangkan persiapan kafilah.

"Sejak awal Januari 2019 lalu kami sudah menggelar TC dan sebelum Ramadan sudah ditutup dengan TC gabungan," jelas Ul Fakhri, Jumat (17/5).

Lebih lanjut, meski TC gabungan telah tuntas dilaksanakan, tapi kepada masing-masing kafilah tetap diberi kesempatan untuk melaksanakan TC lanjutan.

"Terkait waktu pelaksanaan, diserahkan kepada masing-masing penanggungjawab kafilah," katanya.

Dikatakannya, untuk MTQ Sumbar di Kota Solok nanti akan mempertandingkan 11 cabang dan itu artinya Kota Payakumbuh ikut ambil bagian untuk semua cabang.

"Mudah-mudahan kafilah kita bisa menunjukkan prestasi maksimal pada pelaksanaannya nanti," katanya.

Ul Fakhri menerangkan, untuk memastikan seluruh perwakilan Kota Payakumbuh bisa maksimal. Seluruh kafilah akan dikarantina selama dua hari sebelum bertolak menuju Kota Solok.

"Tujuan karantina adalah untu pematangan persiapan bersama pelatih dari masing-masing cabang sebelum bertanding di Kota Solok," terang Ul Fakhri.

Dia juga mengklaim, bahwa untuk MTQ ke-38 ini, kafilah Kota Payakumbuh diisi oleh putra-putri terbaik daerah itu.

"Jadi untuk MTQ di Solok ini kita tidak menggunakan kafilah naturalisasi. Semua adalah kafilah asli Kota Payakumbuh. Mudah-mudahan ini membuat motivasi mereka makin besar untuk mengharumkan nama daerah asalnya," pungkas Ul Fakhri. (*)