Hari ke 12 Ramadan Penjualan Pakaian di Sawahlunto Masih Landai

"Sampai hari ini penjualan masih seperti hari biasa, belum ada lonjakan omset yang berarti. Seperti sebelumnya, biasanya akan terjadi lonjakan pembeli pada H-3 lebaran nanti"
Datuak (60) Penjual Pakaian di Pasar Remaja Sawahlunto, Jumat 17 Mei 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Penjualan pakaian hingga ramadan ke 12 masih landai. Hal tersebut dikatakan salah seorang penjual pakaian Datuak (60) di Pasar Remaja Sawahlunto

"Sampai hari ini penjualan masih seperti hari biasa, belum ada lonjakan omset yang berarti. Seperti sebelumnya, biasanya akan terjadi lonjakan pembeli pada H-3 lebaran nanti" katanya sembari merapikan pakaian dagangannya, Jumat 17 Mei 2019.

Meski begitu, Datuak sudah menyiapkan stok yang banyak untuk menghadapi pembeli pakaian. "Kita sudah stok barang, jika ada kekurangan tinggal dipesan kembali ke Pasar Aur Kuning Bukittinggi," ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa belum ada peningkatan penjualan hingga sekarang.

"Ada pengaruh uang yang beredar di masyarakat, misalnya gaji dan tunjangan hari raya ataupun kiriman dari sanak saudara dari rantau," tuturnya.

Lebih jauh Datuak menambahkan, dirinya optimis akan meraup omset yang banyak di tahun ini, karena sudah menjadi budaya di masyarakat untuk membeli pakaian baru jelang lebaran. Selain itu ia mengaku sudah memiliki langganan yang tetap selama ini untuk membeli dagangannya.

"Harapannya omset penjualan lebih baik dari tahun lalu. Masyarakat Sawahlunto silahkan datang kesini, ada banyak stok dan model dengan harga yang bersaing," ujar pria yang sudah hampir 25 tahun berjualan pakaian itu.