Kelola Keuangan dengan Baik, Agam Raih WTP untuk Ke-5 Kalinya

"Ini bukti keseriusan daerah dalam mematuhi peraturan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel"
LHP diserahkan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumbar, Pemut Aryo Wibowo kepada Indra Catri (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Agam kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke lima kalinya atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018.

LHP diserahkan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumbar, Pemut Aryo Wibowo dan diterima Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri didampingi Ketua DPRD Agam, Marga Indra Putra, di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumbar di Padang, Jum'at 17 Mei 2019

Turut mendampingi Asisten Administrasi Umum Dafrines, Kepala Badan Keuangan Daerah Hendri G, Kepala Inspektur Edi Junaidi.

Dengan raihan ini, Kabupaten Agam lima kali berturut-turut mendapat predikat WTP sejak 2014. Capaian ini diapresiasi langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumbar.

Dikatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, opini BPK atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018 Kabupaten Agam adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Apresiasi kepada daerah yang mempertahankan opini WTP. Ini bukti keseriusan daerah dalam mematuhi peraturan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel," katanya.

Disebutkan, tahun ini merupakan tahun keempat dalam melaksanakan penerapan pengelolaan keuangan negara berbasis akrual. Sehingga, pemerintah daerah bisa melaksanakan anggaran secara akuntabel. BPK memiliki standar pemeriksaan keuangan negara yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan sesuai UU No 15 Tahun 2004.

Sebelumnya, Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengucapkan terimakasih pada BPK RI, yang selama ini terus membimbing dan mengarahkan pemerintah dalam mengawal pelaksanaan anggaran keuangan daerah. Sehingga, pengelolaan keuangan serta pelaksanaan program pembangunan di Agam dapat terwujud sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Menurutnya, predikat Opini WTP yang berhasil diraih Kabupaten Agam, juga merupakan hasil kerja keras semua pihak baik eksekutif dan legislatif serta dukungan masyarakat dalam ... Baca halaman selanjutnya