Mudik Melewati Pessel, Waspadai 6 Kecamatan Ini

"Sebab sejumlah titik lokasi di Pessel rawan bencana longsor dan banjir."
Salah satu titik rawan longsor di Kecamatan Batangkapas (KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon meminta sejumlah OPD di lingkungan pemerintah setempat untuk tetap siaga selama cuti lebaran.

"Terutama ditujukan kepada Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan dan Dinas Pekerjaan Umum," kata Erizon saat memimpin apel gabungan di halaman kantor bupati, Jumat 17 Mei 2019.

Dia menjelaskan, kesiagaan setiap OPD selama libur lebaran yang dimaksud untuk mewaspadai ketika terjadi bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan lainnya. Jadi ketika ada bencana koordinasi tetap berjalan, meski dalam kondisi libur.

"Saya tegaskan selama libur para kepala dinas jangan menonaktifkan HP-nya, HP-nya harus selalu aktif 24 jam untuk mudah dihubungi ketika ada koordinasi," jelasnya.

Menurutnya, kesiagaan terhadap bencana merupakan langkah awal pemkab dalam mengantisipasi bencana, terlebih wilayah Pessel terbilang rentan terhadap bencana seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan sebagainya.

"Terkait hal itu, maka kesiapsiagaan menghadapi bencana perlu ditingkatkan. Minimal 2 orang staf untuk piket harus ada menjaga kantor," terangnya.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan para pemudik yang pulang kampung atau sebaliknya saat lebaran terlebih pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Sebab sejumlah titik lokasi di Pessel rawan bencana longsor dan banjir.

"Ruas jalan tersebut berada di enam kecamatan, yakni Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batang Kapeh, Ranah Pesisir, Basa Ampek Balai Tapan, Lunang dan Silaut. Kemudian jalan yang menghubungkan Pessel-Kerinci juga rawan longsor," ulasnya.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kemacetan arus lalulintas akibat longsor di beberapa titik ruas jalan nasional, Pemkab Pesisir Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan BPBD akan mensiagakan beberapa unit alat ... Baca halaman selanjutnya