Pemkab Pessel Latih 3 Anak di Kawasan Mandeh Jadi Penyelam Profesional

"Pelatihan tahap 1 dan 2 (sertifikat open water dan A2) sudah selesai dengan pembiayaan sepenuhnya dari Bintang Paradiso. "
Tiga anak Mandeh dilatih sebagai penyelam (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mempersiapkan pemuda di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh jadi penyelama handal.

"Saat ini kami (Dinas Pariwisata) bekerjasama dengan PT. Bintang Paradiso telah melatih tiga anak di kawasan Mandeh untuk menjadi penyelam profesional," sebut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Hadi Susilo kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, kegiatan yang akan berlangsung hingga Juli 2019 tersebut merupakan bentuk kerjasama dengan Mr. Marco yang merupakan instruktur sekaligus pelatih selam profesional dari PT. Bintang Paradiso di Pulau Cubadak.

"Dan kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian yang dilakukannya bagi anak-anak Mandeh supaya bisa menjadi pelaku wisata khususnya selam," jelasnya.

Katanya, tiga anak Mandeh yang saat sedang mematangkan pelatihan tersebut diantaranya adalah Ryan Pramayoga, Maihendri dan Rully yang secara bertahap telah melalui fase pelatihan dengan baik.

"Pelatihan tahap 1 dan 2 (sertifikat open water dan A2) sudah selesai dengan pembiayaan sepenuhnya dari Bintang Paradiso. Kita ingin bagaimana ketiga anak ini nanti, bisa memandu wisatawan dan naik kelas dengan sertifikat dive resque sampai dive master," ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya kader penyelam handal di daerah tersebut, pihaknya jelang akhir tahun ini akan mengupayakan ada Dive Center di Mandeh yang dikelola oleh pemandu selam di kawasan tersebut sebagai salah satu langkah untuk melayani pengunjung secara profesional.

Foto : Kadisparpora Pessel Hadi Susilo bersama tiga penyelam Mandeh dan instruktur selam PT. Bintang Paradiso di Mandeh (ist).

(Kiki Julnasri)