Kepolisian Amankan Ratusan Petasan di Gunung Tuleh Pasbar

"Seluruh petasan terlarang dan berbahaya itu disita petugas setelah sebelumnya memberikan imbauan dan larangan penjualan"
Ratusan petasan berbagai jenis diamankan oleh Tim gabungan Kepolisian Sektor Gunung Tuleh bersama Pemerintah Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF - Ratusan petasan berbagai jenis diamankan oleh Tim gabungan Kepolisian Sektor Gunung Tuleh bersama Pemerintah Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar, Jumat (17/5/2019).

Kepala Polsek Gunung Tuleh, Iptu Zulfikar mengatakan berbagai jenis petasan diamankan tim gabungan di sejumlah pasar tradisional yang ada di daerah itu selama ramadhan.

"Seluruh petasan terlarang dan berbahaya itu disita petugas setelah sebelumnya memberikan imbauan dan larangan penjualan atau penggunaan petasan saat bulan suci ramadhan. Namun saat razia beberapa pedagang terlihat berupaya menyembunyikan petasan dari petugas," katanya.

Ia mengatakan, penggunaan petasan sangat membahayakan dan menganggu aktivitas ibadah masyarakat selama ramadan maka harus ditindak tegas. "Saat ini petasan sudah kita amankan di Polsek," jelasnya.

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan razia sebanyak dua kali, namun masih menemukan sejumlah pedagang yang menjual petasan. "Maka kita terpaksa melakukan tindakan tegas hari ini. Akan tetapi, terhadap pedagang itu kami lakukan pembinaan agar tidak menjual petasan lagi," jelasnya.

Disamping itu ia meminta, pedagang dan masyarakat berhati-hati saat berbelanja di pasar. Sebab saat aktivitas masyarakat tinggi tingkat kerawanan dari jambret dan aksi kriminal lainnya bisa meningkat.

"Namun pihaknya akan terus melakukan razia selama ramadan hingga lebaran nanti untuk menjamin stabilitas keamanan," tutup Zulfikar.

[Irfan Pasaribu]