Tokoh Agama di Sijunjung Ini Serukan Tolak People Power

"Itu bukan langkah yang tepat jika tidak menerima hasil pemilu dan dapat memecah belah persatuan kesatuan bangsa"
Tokoh Agama Nagari Sijunjung Asrimal Khatib Rajo Endah (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Tokoh Agama Nagari Sijunjung Asrimal Rajo Kathib Endah mengapresiasi jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Kabupaten Sijunjung.

Menurutnya, selama tahapan Pemilu serentak sudah berjalan sebagaimana mestinya walaupun terdapat kekurangan-kekurangan seperti adanya pemungutan suara ulang dibeberapa tempat pemungutan suara.

"Kita sangat apresiasi kepada penyelenggara dan masyarakat Sijunjung yang saling menjaga sehingga Pemilu berjalan aman, damai dan badunsanak sebagaimana yang diharapkan," katanya di Muaro Sijunjung, Sabtu 18 Mei 2019.

"Hingga penghitungan suara di tingkat TPS, PPK dan Kabupaten sudah terlaksana secara jujur, adil dan demokratis serta transparan," sambungnya.

Ia menambahkan, agar semua pihak untuk bisa menerima hasil yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), jika tidak puas dengan hasil tersebut peserta pemilu dapat melakukan gugatan sesuai aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Menolak hasil sah-sah saja tapi dengan aturan yang berlaku dengan cara menggugat ke mahkamah konstitusi (MK)," ujarnya.

Masih kata Asrimal, pihaknya juga menolak ajakan diluar mekanisme yang ada seperti yang gencar dikabarkan seruan people power. "Itu bukan langkah yang tepat jika tidak menerima hasil pemilu dan dapat memecah belah persatuan kesatuan bangsa," tuturnya.