Besok, Dua Tersangka Penjual Sate Daging Babi Diserahkan ke Kejari

"Jika sudah dinyatakan P-21 dalam tahap dua ini, semuanya akan diurus oleh Jaksa untuk keperluan di persidangan"
Dua tersangka sate daging babi saat gelar perkara di Polresta Padang. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Besok, Senin 20 Mei 2019, pihak kepolisian akan menyerahkan dua orang tersangka penjual sate daging babi. "Agenda besok kami akan melakukan tahap dua, untuk berkas sudah P-21 sejak beberapa waktu lalu," ujar Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna.

Dia mengatakan bahwa tersangka bersama barang bukti dan berkas perkara akan diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Padang untuk diproses kembali. "Jika sudah dinyatakan P-21 dalam tahap dua ini, semuanya akan diurus oleh Jaksa untuk keperluan di persidangan," lanjutnya.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 11 orang saksi dalam perkara tersebut yang melibatkan Dinas Perdagangan Kota Padang, Dinas Kesehatan dan BBPOM. "Saksi sudah lengkap semua termasuk saksi ahli dan pernyataan saksi semuanya menuju kepada kedua tersangka ini," sambungnya.

Sebelumnya, dua tersangka penjual sate daging babi atas nama Bustami dan Evita dibekuk di Bekasi setelah melarikan diri sebulan lebih. Penangkapan yang dilakukan tersebut karena tersangka setelah penetapan tersangka pada bulan Februari lalu.

Para tersangka lansgung melarikan diri dan tidak memenuhi wajib lapor yang ditentukan oleh penyidik.
Tidak ditahannya kedua tersangka sejak penetapan tersangka karena aturan KUHAP yang mengatur bahwa ancaman hukuman di bawah empat tahun penjara tidak boleh ditahan.

Sementara ancaman hukuman untuk kedua tersangka maksimal empat tahun penjara yaitu tertulis dalam pasal 68 Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Undang-undang nomor 18 tahun 2009 tentang kesehatan hewan.

[Halbert Caniago]