Pemkab Limapuluh Kota Beri Vaksin Anti Rabies Kepada Korban Gigitan Anjing

"Bantuan langsung diserahkan Kadis Kesehatan Limapuluh Kota"
Kadis Kesehatan datangi rumah korban gigitan anjing (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota berikan bantuan biaya pembelian Vaksin Anti Rabies (VAR) bagi korban gigitan anjing Rafki (7) warga Jorong Bulakan Kenagarian Tanjung Gadang, Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Bantuan diserahkan Kepala Dinas Kesehatan dr. Tien Septino kepada Ibu korban, Erna (25) di Bulakan, Minggu 19 Mei 2019.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Tien Septino  yang didampingi Kabag Humas dan Protokoler Firmansyah serta Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Fahrul Rozi mengatakan orang tua korban tidak perlu terlalu cemas dan tergesa memberikan VAR. Menurutnya, bila ada gigitan beresiko rendah masih ada waktu selama 14 hari untuk observasi.

“Kita mengimbau masyarakat tidak perlu terlalu cemas dan panik, bila ada gigitan beresiko rendah masih ada waktu selama 14 hari untuk observasi. Yang paling penting dilakukan adalah segera cuci luka gigitan dengan air mengalir memakai sabun dan segara bawa ke petugas kesehatan dan juga dilaporkan kepada petugas Pos Keswan,” ujar Tien.

Ia menjelaskan bahwa VAR bisa didapatkan warga miskin dan yang mempunyai jaminan kesehatan seperti BPJS secara gratis dengan mengikuti prosedur yang berlaku. Artinya, dikatakan dr. Tien bahwa warga tidak harus membeli dan membiayai sendiri VAR tersebut.

“Bagi warga miskin yang tidak memiliki BPJS, bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan wali nagari. Rafki bisa mendapatkan VAR itu secara gratis dari Dinas Kesehatan jika melalui prosedur seperti dengan memberikan SKTM sebagai persyaratan mengeluarkan vaksin tersebut,” katanya.

Kadiskes menerangkan pemberian VAR ini bertujuan untuk membangkitkan sistem imunitas dalam tubuh terhadap virus rabies dan diharapkan antibodi yang terbentuk akan menetralisir virus rabies. Sementara itu, orang tua korban, Erna mengaku tidak menyangka akan mendapatkan bantuan karena sebelumnya ia tidak ... Baca halaman selanjutnya