Dana Desa 2019 Tahap Dua di Pessel Cair Juni

"pengalokasian dana desa yang dicairkan terbagai dalam tiga tahap, 20 persen tahap pertama, dan 40 persen pada tahap dua dan ketiga, dan jumlahnya sesuai dengan peruntukan masing-masing nagari."
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pesisir Selatan, Hamdi (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal mengalokasi pencairan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap dua 2019 di daerah itu pada Juni.

"Jadi untuk pencairan tahap dua ini, terlebih dahulu kita menerima pelaporan realisasi dana tahap satu, baru setelah itu bisa dana tahap dua ini bisa direalisasikan," sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pesisir Selatan, Hamdi kepada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, pengalokasian dana desa yang dicairkan terbagai dalam tiga tahap, 20 persen tahap pertama, dan 40 persen pada tahap dua dan ketiga, dan jumlahnya sesuai dengan peruntukan masing-masing nagari.

"Seluruh nagari ada 182 nagari, dan saat ini masih proses, dan belum ada yang menyelesaikan pelaporan tahap satu. Dan masing-masing yang menerima mulai Rp700 hingga Rp1 miliar lebih,"jelasnya.

Menurutnya, sesuai total jumlah dana desa (DD) dari pemerintah pusat untuk Pesisir Selatan tahun ini dapat Rp166 miliar. Angka tersebut naik sebanyak Rp20 miliar yang sebelumnya hanya mencapai Rp146 miliar.

"Jumlah naik Rp20 miliar dibandingkan tahun 2018, dan jumlah yang diterima nagari bervariasi berdasarkan jumlah penduduk dan luas nagarinya masing-masing," terangnya

Lanjutnya, berkaca pada tahun 2018, pemanfaatan Dana Desa di Pesisir Selatan sudah berjalan baik, meski dari beberapa nagari masih belum bisa merealisasikan secara maksimal.

"Kita harap untuk tahun 2019, bisa dioptimalkam setiap nagari, karena peruntukan dan pemanfaatan sudah diatur," jelasnya. (Kiki Julnasri)