Permintaan Pasar Tinggi, Nagari Taram Galakkan Tanam Jagung

"kebutuhan jagung saat ini semakin meningkat di kalangan peternak"
Hasil pertanian Jagung (KLIKPOSITIF/Ade)

KLIKPOSITIF,LIMAPULUH KOTA - Wali Nagari Taram, Defrianto Ifkar ajak masyarakat di nagarinya untuk memanfaatkan lahan tidur menggalakkan penanaman jagung. Hal ini dikatakannya karena sejalan dengan permintaan pasar yang semakin meningkat belakangan terakhir.

Defrianto Ifkar mengatakan di daerahnya cukup banyak terdapat lahan yang tidak digarap maksimal oleh masyarakat. Akibatnya banyak lahan tersebut yang dibiarkan tanpa pengolahan atau pemanfaatan yang maksimal oleh masyarakat setempat.

"Dengan memanfaatkan lahan tidur yang biasanya dibiarkan kosong tentunya dapat menambah pendapatan masyarakat ke depannya. Apalagi, A," ujarnya saat ditemui KLIKPOSITIF di ruang kerjanya, Selasa 21 Mei 2019.

Defrianto menjelaskan bahwa untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan pemanfaatan lahan tidur tersebut, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah melakukan berbagai Inovasi termasuk merangkul para petani agar mau menjadikan lahan mereka dijadikan sebagai kebun Jagung. Langkah tersebut dikatakannya disambut baik oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan dinas terkait.

"Alhamdulillah saat ini sudah ada 1.000 Ha lahan tidur yang dimanfaatkan menjadi kebun jagung. Kita juga berharap angka ini akan terus bertambah. Sebab di Limapuluh Kota ini mayoritas peternak membutuhkan pasokan jagung untuk kebutuhan pokok ternaknya," kata Defrianto.

Ia berharap dengan adanya pasokan jagung tersebut dapat menekan kenaikan harga pakan ternak. Sehingga ia terus mengajak dan mengimbau masyarakat yang memiliki lahan dapat memanfaatkannya daripada dibiarkan menjadi semak belukar.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang mengetahui hal tersebut mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan Walinagari Taram dalam mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tidur di nagarinya. Menurutnya, pemanfaatan lahan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menciptakan kondisi yang dinamis untuk menjaga ... Baca halaman selanjutnya