Komisi IX DPR RI Bersama BPOM Sidak Bahan Makanan dan Minuman di Pasar Lubuk Buaya Padang

"Dari sidak kami tidak menemukan bahan makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya. Begitupun dengan hidangan pabukoan"
Pertemuan Komisi IX DPR RI dengan BPOM Padang dan Pemko Padang di Kantor BPOM Padang usai melakukan sidak, Selasa, 21 Mei 2019 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Komisi IX DPR RI melakukan infeksi mendadak (sidak) di Pasar Lubuk Buaya, Kota Padang, Selasa (21/5). Sidak ini dilakukan terkait pengawasan peredaran makanan dan minuman di bulan Ramadan bersama BBPOM Padang.

"Dari sidak kami tidak menemukan bahan makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya. Begitupun dengan hidangan pabukoan," ujar Ketua Tim Kunker Komisi IX DPR RI, Suir Syam, setelah sidak dan mengelar pertemuan di kantor BPPOM Padang.

Disebutkannya, dalam sidak itu pihaknya langsung menguji sampel dilapangan menggunakan mobil laboratorium milik BBPOM. Dalam pemeriksaan berapa sampel tidak ditemukan.

"Aman. Tidak ada ditemukan saat uji lab, karena ada dua sampel yang diuji baik itu pengawet dan berwarna," ulasnya.

Walaupun tidak ditemukannya bahan berbahaya dalam sidak tersebut Komisi IX DPR RI tetap meminta BPOM melakukan pengawasan yang intensif. Sebab bisa saja ada oknum yang nakal sengaja menggunakan bahan berbahaya demi mengambil keuntungan.

Sementara itu, Kepala BBPOM Padang, Martin Suhendri, mengungkapkan, ada sekitar 16 sampel yang dilakukan uji lapangan saat sidak dengan komisi IX DPR RI tersebut. 

"Untuk jenis makanannya, diantaranya ikan asin, kerupuk merah, cendol, delima, kolak dan lainnya. Dari sampel itu tidak ditemukan mengandung bahan berbahaya. Namun, kita akan terus melakukan pengawasan selama Ramadhan ini dengan menerjukan tim dari BBPOM ke pasar yang ada di Kota Padang maupun Kabupaten dan Kota," katanya.

Ditambahkan Martin, selama bulan Ramadhan tahun ini, ada ditemukan di kabupaten dan kota bahan makanan yang mengandung boraks dan rodamin. Namun, itu tidak banyak, dan temuan itu telah dilakukan penindakan olwh BBPOM.

"Target kita selama Ramadhan ini masyarakat terlindungi dari bahan makanan yang mengandung zat berbahaya, jika ada temuan kita akan langsung melakukan penindakan. Sekali kita peringati dan lakukan ... Baca halaman selanjutnya