Sebelum Menikah, PNS Pessel Akan Jalani Pembekalan Pra-nikah

"Ini baru mulai diberlakukan pada Mei 2019"
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pesisi Selatan, Ahda Yanuar (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sebelum menikah, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal membekali setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah setempat dengan pembekalan pranikah. Hal tersebut berlaku bagi ASN yang baru memulai menikah atau duda dan janda yang akan menikah kembali.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pesisi Selatan, Ahda Yanuar mengatakan, penerapan perbekalan pranikah untuk PNS sendiri, diantaranya untuk menumbuhkan kesadaran pasangan PNS dalam membangun rumah tangga.

"Pembekalan pasangan pranikah bagi ASN ini baru mulai kita berlakukan mulai Mei ini, sesuai dengan surat edaran Bupati Pesisir Selatan yang telah dikeluarkan tentang pembekalan pasangan pranikah bagi ASN," kata Ahda Yanuar kepada KLIKPOSITIF, Selasa 21 Mei 2019.

Dia menyebutkan, adanya inisiasi pembekalan pranikah tersebut salah satunya untuk mengantisipasi kegagalan pasangan ASN dalam menjalankan pernikahan. Sebab, selama ini sesuai kasus yang banyak terjadi pertimbangan pernikahan tidak tampak matang dan berujung pada perceraian.

"Pasangan akan kita berikan arahan, dan ini juga kita kerjasamakan dengan Kemenag sebagai Tim Pemberian Pembekalan. Karena hal ini sangat penting, untuk mengarahkan ASN bisa lebih baik setelah menikah," ungkapnya.

Dia menjelaskan, secara prosedur proses pembekalan pranikah ASN di daerah setempat akan dimulai dari masing-masing OPD atau instansi pemerintah setempat. Sebab, sesuai penerapan terlebih dahulu, pembinaan harus diketahui oleh pimpinan masing-masing OPD.

"ASN yang akan menikah harus minta izin kepada atasan yang berwenang di perangkat daerah masing-masing. Dan kepala perangkat daerah mengirim surat pengantar pembekalan pasangan ASN kepada BKPSDM," jelasnya. 

[Kiki Julnasri]