Maksimalkan Fungsi Embung, Pemko Payakumbuh Segera Bangun Reservoir

"Iya, reservoirnya (waduk) akan segera dibangun. Sekarang sedang meninjau lahannya dulu"
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat memantau pemanfaatan Embung Batang Dareh Bulakan. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Untuk memastikan keberadaan Embung Batang Dareh Bulakan di Payakumbuh Selatan bisa maksimal dalam memenuhi kebutuhan pasokan air di daerah tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh akan segera membangun resorvoir atau waduknya demi kelancaran distribusi air ke masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi setelah Senin (20/5) lalu memantau langsung pembangunan infrastruktur di daerahnya itu.

"Iya, reservoirnya (waduk) akan segera dibangun. Sekarang sedang meninjau lahannya dulu," ujar Riza Falepi, Selasa (21/5).

Reservoir yang nantinya dibangun tersebut direncanakan untuk menampung air dari Embung Batang Dareh Bulakan.

"Sengaja dicari lahan yang berada di tempat yang cukup tinggi agar nanti distribusi air ke masyarakat bertambah lancar," ucap Riza.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Muslim menyampaikan Embung Bulakan sendiri sudah dibangun sejak 2015. Pembangunan embung tersebut tidak hanya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air baku warga sekitar tapi juga untuk irigasi lahan pertanian.

"Mudah-mudahan keberadaan embung ini maksimal. Karena itu, sesuai instruksi wali kota kita akan langsung membuat perencanaan untuk membangun reservoirnya," jelas Muslim.

Selain Embung Bulakan, Pemko Payakumbuh saat ini juga sedang melakukan pembangunan Embung Lurah Rawang demi kepentingan penyediaan air di Kota Payakumbuh. Sehingga Payakumbuh menjadi kota yang mandiri soal air tanpa harus bergantung ke daerah lain. Sebelumnya, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan sistem Water Treatment Plant (WTP) juga sudah mulai dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan air baku warga Kota Payakumbuh. (*)