DPMNP2-KB Pessel Minta Nagari Fokuskan Penggunaan DD untuk Peningkatan SDM

"Acuan ini, sesuai dengan prioritas penggunaan dana desa Tahun 2019 yang diatur dalam Permen Desa PDTT 16 tahun 2018"
Kepala DPMNP2-KB Pessel, Hamdi (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMNP2-KB) Kabupaten Pesisir Selatan meminta nagari memfokuskan Dana Desa (Desa) tahun 2019 untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat.

"Acuan ini, sesuai dengan prioritas penggunaan dana desa Tahun 2019 yang diatur dalam Permen Desa PDTT 16 tahun 2018. Dan penekanan untuk lebih kepada peningkatan SDM, seperti ekonomi dan penanganan stunting, kalau tidak ada bisa kena sanksi," sebut Kepala DPMNP2-KB Pessel, Hamdi kepada KLIKPOSITIF.

Selain itu, pengunaan dana desa yang diserap nagari, juga diprioritaskan untuk peningkatan sarana olahraga serta menumbuhkembangkan usaha lokal masyarakat setempat, seperti halnya BUMNag dan pemberdayaan lainnya.

"Dan swadaya ini bisa direalisasikan dalam bentuk fisik maupun tidak, salah satunya sarana air bersih yang intinya lebih mendukung kepada hidup sehat dan juga pembinaan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, untuk mengutamakan program prioritaskan tersebut, pada tahun 2019 peruntukan dana desa di daerah itu telah jauh naik dari Rp146 miliar pada tahun 2018 menjadi Rp166 miliar tahun ini.

"Jumlahnya naik Rp20 miliar dan jumlah yang diterima nagari bervariasi berdasarkan jumlah penduduk dan luas nagarinya masing-masing," terangnya

Lanjutnya, untuk mendukung hal ini, pihaknya telah memberi tahu kepada seluruh nagari, agar menyisihkan sebagian dananya untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut.

"Untuk selanjutnya kami harapkan nagari bisa merealisasikannya dengan baik. Dan mengeluarkan dana nagari untuk kegiatan pemberdayaan yang sudah diprioritaskan," tutupnya.

(Kiki Julnasri)