Safari Ramadan di Agam, Sekda Provinsi : Dulu Saya Sekolah Pakai Sepatu Dibungkus Plastik

"Saya ketika akan bersekolah dahulu mesti memakai sepatu dibungkus plastik dari rumah saat menuju jalan besar kala itu"
Sekdaprov Sumbar Alwis (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

AGAM, KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekdaprov Sumbar) Alwis melakukan safari Ramadan ke Masjid Nurul Iman Pandan Gadang, Jorong Pandam Gadang, Nagari Gaduik, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam yang merupakan kampung halamannya.

Usai salat tarawih berjemaah saat sesi sambutan, Alwis bernostalgia tentang masa sekolah di Gaduik.

"Saya ketika akan bersekolah dahulu mesti memakai sepatu dibungkus plastik dari rumah saat menuju jalan besar kala itu," katanya.

"Jadi pagi-pagi telah sibuk memasangkan sepatu bungkus plastik, baru setelah sampai dijalan utama memakai sepatu yang sebenarnya," ujarnya menjelaskan betapa dulu pembangunan belum ada dan susahnya perjuangan untuk mendapatkan pendidikan, Selasa malam (21/5).

Bahkan, ada juga berjalan hingga 1 kilometer untuk sampai di sekolah. Alwis juga mengingatkan bagaimana dahulunya kondisi Nagari Gaduik yang terkenal dengan tanah peladangan dan berlumpur.

Pada kesempatan itu dia berjanji akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat untuk pemekaran Nagari Gaduik. Hal itu karena perkembangan jumlah penduduk yang meningkat ditambah luasnya wilayah Nagari Gaduik sehingga menyebabkan pelayanan saat ini tidak lagi maksimal.

Sementara, Pengurus Masjid, Armen Dt. Gaga menyampaikan, Masjid Nurul Iman Pandam Gadang berdiri sejak tahun 1830, diawali dengan atap ijuk.

Armen Dt. Gaga, juga menyampaikan beberapa waktu lalu rumah disekitar masjid terbakar. Padahal surat-surat Masjid termasuk catatan-catatan sejarah yang kebetulan ada dirumah tersebut ikut terbakar.

"Hari ini kami sangat berterima kasih telah dikunjungi oleh tim safari Ramadan provinsi. Ini suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami," ujarnya. (*)