Tiket Mahal, Jalur Darat Opsi Terakhir Perantau Minang

"Mahalnya harga tiket pesawat diperkirakan akan menjadi persoalan yang berbuntut panjang"
Pulang Kampuang Naiak Oto (Freepik.com)

PADANG,KLIKPOSITIF- Persoalan harga tiket pesawat domestik telah menjadi polemik selama beberapa bulan terakhir. Beberapa kebijakan telah diambil pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk menekan harga tiket yang melambung. Namun hingga menjelang mudik lebaran 2019 yang diprediksi jauh di awal Juni tidak ada perubahan yang berarti.

Mahalnya harga tiket pesawat ini diprediksi akan mendorong pemudik beralih ke moda transportasi lain yang tersedia. Pengamat transportasi dari Universitas Bung Hatta Padang, Fidel Miro mengatakan harga tiket pesawat yang tinggi secara otomatis akan membuat pemudik mencari alternatif. Untuk pemudik yang akan menikmati lebaran di Sumatera Barat pilihannya tidak banyak. Menurut Fidel jalur darat akan menjadi pilihan nomor satu.

“Mahalnya tiket pesawat akan menjadikan jalur darat sebagai pilihan. Tentu saja perjalanan menggunakan mobil, baik transportasi umum atau mobil pribadi,” kata Fidel saat diwawancarai KLIKPOSITIF.

Untuk moda kereta api Sumatera Barat memang belum memiliki rel kereta yang bisa digunakan untuk mudik secara memadai. Selain rute Padang-Pariaman dan Padang-Bandara Internasional Minangkabau, rute baru yang dibuka baru sampai ke Nareh. Moda kapal laut lebih minim lagi. Tahun 2017, Pelni hanya melayani satu kali perjalanan Padang-Tanjung Priok dan tahun lalu melewati rute sebaliknya. Perjalanan laut ini pun dibuka berdasarkan permintaan masyarakat.

Menurut Fidel, mahalnya tiket pesawat lebih dirasakan oleh pemudik antar provinsi dalam satu pulau yang menggunakan pesawat kecil. Apalagi bagi mereka yang berencana mudik bersama keluarga. Kondisi ini, kata Fidel lagi, mendorong pengguna mobil pribadi untuk menggunakan mobil mereka untuk mudik.

“Tahun lalu saja saat tiket pesawat belum seperti sekarang pemudik pengguna mobil pribadi sudah dominan. Bisa dipastikan tahun ini jumlahnya akan meningkat cukup tinggi,” ujar ... Baca halaman selanjutnya