Pemkab Pessel Tata Seluruh Kantong-kantong Parkir di Pantai Carocok Painan

"Ini dilakukan agar masyarakat tidak memungut tarif di luar aturan yang sudah dibuat Pemda"
Pantai Carocok Painan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Jelang lebaran, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menata sejumlah pengelolaan kantong-kantong parkir di kawasan wisata Carocok Painan yang selama ini dianggap belum tergarap maksimal.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahrga (Disparpora) Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengatakan, untuk menata tersebut, saat ini pihaknya masih menginventarisir lokasi dan bakal memberlakukan tiket atau karcis resmi demi tercipta kenyamanan pengujung.

"Pada lebaran tahun ini dan seterusnya kita mulai seluruh kantong parkir yang ada, baik milik Pemda maupun milik masyarakat. Itu kita pastikan harus menggunakan tiket resmi," ungkap Hadi Susilo kepada KLIKPOSITIF, Rabu 22 Mei 2019.

Ia menyebutkan, sejauh ini dengan pengelolaan yang lama, sejumlah kantong parkir masih banyak yang belum terkelola secara baik, salah satunya tanpa menggunakan tiket resmi. Padahal tarifnya sudah jelas, Rp10 ribu untuk bus, Rp5 ribu roda empat dan Rp2 ribu untuk roda dua.

"Artinya saat ini bisa kita yakinkan, bahwa di kawasan Carocok Painan tidak adalagi indikasi pungli atau yang tidak ada tiket. Semuanya harus kita tata menyeluruh," sebutnya.

Lanjutnya, untuk mematangkan langkah tersebut selain keterlibatan Pemda, pihaknya juga melakukan kesepakatan dengan pelaku wisata. Sebab, pengelolaannya tidak bisa terlepas dari keterlibatan penduduk setempat.

"Dan ini sedang kita rapat dengan masyarakat untuk mendudukannya. Disamping kita menertibkan, kita juga memastikan masyarakat jangan memungut tarif di luar aturan yang sudah dibuat Pemda," tutupnya.

[Kiki Julnasri]