Perubahan Trase Tol Padang-Pekanbaru, 246 Rumah Masyarakat Selamat

"Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul menyatakan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR menyetujui perubahan trase jalan tol Padang-Pekanbaru"
Pembukaan kerangka tol Padang-Pekanbaru oleh Hutama Karya (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul menyatakan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR menyetujui perubahan trase jalan tol Padang-Pekanbaru.

Hal itu disampaikannya saat Safari Ramadan di Masjid Jamik Muhammadiyah Sicincin, Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu malam (22/5).

"Pemerintah pusat sudah setuju, jadi begini, masyarakat menolak trase awal. Setelah kami cek ternyata memang akan menghancurkan rumah sampai 246 unit dan beberapa fasilitas umum," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah provinsi tidak akan merugikan masyarakat dalam pembangunan. Justru, pemerintah bertujuan pembangunan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

Wagub melanjutkan, pihaknya dari awal memikirkan bagaimana nasib warga yang terkena dampak dari pembangunan tol Padang-Pekanbaru ini.

"Pertemuan kami dengan masyarakat beberapa waktu lalu sempat miskomunikasi, mereka beranggapan kami tidak pro rakyat, padahal kami ingin mendengarkan pendapat mereka," terangnya.

Nasrul Abit meminta pemerintah kabupaten Padangpariaman dan semua pihak terkait membantu proses patok lahan trase baru hingga pembahasan lahan oleh tim appraisal yang baru.

"Tim appraisal baru, bukan yang dulu lagi. Kita berharap mereka bisa mematok harga sesuai dengan keinginan masyarakat. Dulu terlalu murah sehingga ditolak masyarakat," ulasnya.

Ia berharap proses jalan tol berjalan lancar tanpa merugikan masyarakat. Sebab jika tol terlaksana akan berdampak kepada perekonomian Sumbar karena akses dari Pekanbaru - Sumbar akan lancar.

"Tadi saya juga sudah sampaikan permintaan maaf kepada masyarakat melalui Walinagari Sicincin soal miskomunikasi beberapa waktu lalu. Kami tidak akan menyengsarakan masyarakat dalam pembangunan tol ini," tukasnya.

Sementara Walinagari Sicincin Aji Norcalis mengatakan, masyarakat minta trase dipindahkan ke arah timur pemukiman warga ... Baca halaman selanjutnya