Stanbykan Tenaga Medis, Dinkes Sumbar Berikan Pelayanan Kesehatan Mudik

"Pemudik akan dilayani oleh satu dokter dan dua perawat disetiap posko pelayanan mudik yang akan ditetapkan"

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Kesehatan Sumatera Barat (Dinkes Sumbar) akan menyediakan tenaga medis di sejumlah posko kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan pemudik, serta pengunjung Idulfitri lebaran 1440 Hijriah.

Pemudik akan dilayani oleh satu dokter dan dua perawat disetiap posko pelayanan mudik yang akan ditetapkan.

"Tetap kita standbykan dengan satu dokter dan dua perawat. Supaya pemudik tetap terlayani apabila ada mereka yang sakit kita obati, siap siaga tinggal datang saja ke posko kesehatan," kata Kepala Dinkes Sumbar, Merry Yuliesday, Rabu, 23 Mei 2019.

Merry menyebutkan, posko terkonsentrasi pada tempat - tempat objek wisata. Seperti Pantai Air Manis Pantai Cimpago, Pantai Muara Padang dan objek lainnya.

Posko tersebut beroperasi pada 29 Mei 2019 atau H-7 sampai 10 Juni atau H+7 lebaran.

"Untuk jumlah poskonya kita masih menyesuaikan dengan kabupaten/kota. Karena, kabupaten/kota masih ada yang belum siap rapat koordinasi. Posko kesehatan ini nantinya dilengkapi fasilitas rawat inap untuk mengantisipasi pasien kecelakaan," ulas Merry.

Meski suasana Idulfitri, kata Merry, untuk pelayanan kesehatan tetap diberikan. Semuanya perlu dipersiapkan sewaktu-waktu bila dibutuhkan masyarakat. Tidak saja tenaga media, sebut dia, bidan juga diminta agar tidak meninggalkan daerah penugasan.

"Soalnya, bisa saja saat lebaran masyarakat dan pemudik butuh pertolongan kesehatan," ujar Merry.

Untuk tiap puskesmas, sambung Merry, juga ditempatkan dokter. Tujuannya, agar langsung memberikan pertolongan kepada masyarakat yang datang. Saat ini, kata dia, ada 256 puskesmas di Sumbar dan 7 puskesmas di Kota Padang yang melayani rawat jalan.

Selain itu, Merry menjamin, stok obat di setiap puskesmas dan rumah sakit aman hingga lebaran. Obat-obatan dalam kaitan kecelakaan lalu-lintas, saluran pencernaan, dan gangguan kesehatan tersedia dengan jumlah memadai.

"Tidak ada ... Baca halaman selanjutnya