Berkurang, Pemkab Pessel Hanya Peroleh Rp 1,8 Miliar Jampersal Bagi Masyarakat Kurang Mampu

"Karena DAK-nya, jadi tahun ini hanya Rp1,8 dan jauh berkurang dari tahun 2018 yang mencapai Rp3 miliar,"
Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, memperoleh Rp 1,8 miliar untuk jaminan persalinan (Jampersal) bagi masyarakat kurang mampu, pada tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa mengatakan, anggaran tersebut turun dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 3 miliar.

Ia menjelaskan, berkurangnya anggaran jampersal tahun ini dikarenakan adanya pemangkasan dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat. Sebab, untuk kebutuhan jampersal dianggarkan melalui DAK.

"Karena DAK-nya, jadi tahun ini hanya Rp1,8 dan jauh berkurang dari tahun 2018 yang mencapai Rp3 miliar," terangnya.

Menurutnya, sesuai kebutuhan tahun ini pihaknya menerapkan pola bayar yang berpatok pada peraturan daerah, dan hal itu berbeda dengan pembayaran pada 2018.

"Tahun kemarin pembayaran dilakukan dengan tarif paket dengan rawatan satu atau dua hari uang yang dibayarkan tetap sama. Namun dengan berpatok pada peraturan daerah, pembayaran tahun ini dilaksanakan berdasarkan penanganan medis yang diterima pasien," jelasnya.

Ia meyakini, kendati anggaran jampersal berkurang dari tahun sebelumnya, masyarakat kurang mampu di daerah tersebut akan tetap bisa menikmati program jampersal lebih banyak.

"Program jampersal ditujukan tidak hanya sebatas untuk biaya persalinan namun tahapan menyiapkan persalinan juga ditanggung," tutupnya.

(Kiki Julnasri)