Pemkab Pessel Targetkan PAD Rp600 Juta Selama Libur Lebaran

"Target tahun ini, naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp550 juta"
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata sebesar Rp600 juta selama libur lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo menyebutkan, target tahun ini, naik dari tahun sebelumnya Rp550 juta, diantaranya dihasilkan dari hasil penjulan karcis yang diberlakukan Pemda.

"Rp600 juta itu kami prioritaskan pada empat kawasan wisata, yakni Carocok Painan, Kawasan Mandeh Tarusan, Jembatan Akar dan Bayang Sani, serta sejumlah kawasan yang diperforasi Pemda," sebut Hadi Susilo kepada KLIKPOSITIF, Kamis 23 Mei 2019.

Ia menjelaskan, selama libur lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan sebanyak 45 ribu lembar karcis masuk, yang diantaranya dibagi sesuai dengan kebutuhan dan jumlah setiap objek wisata.

"Kita targetkan capaian tersebut bisa terealisasi selama 10 hari ke depan setelah hari H lebaran. Karena kita telah melakukan segala upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan selama libur lebaran," jelasnya.

Lanjutnya, selain keamanan, khusus kawasan Carocok Painan, selama libur lebaran pengunjung bakal disuguhkan dengan sejumlah atraksi dan kegiatan pentas seni yang berkolaborasi dengan Rabab Pasisie, untuk memeriahkan wisatawan.

"Untuk parkir di kawasan Carocok, kami juga akan rekrut masyarakat setempat menjadi petugas parkir. Sementara pengunjung yang parkir pada lahan masyarakat, tiketnya akan diberlakukan dengan tarif yang sama dari Pemda," tutupnya.

[Kiki Julnasri]