Harga Terjangkau, Warga Payakumbuh Antusias Berbelanja di Bazar Murah

"Ya untuk harga bahan pokok pada bazar murah sesuai dengan apa yang Pemko inginkan dan harganya tetap stabil meskipun untuk harga di pasar sering terjadi naik turun"
Pengunjung bazar murah yang dilaksanakan Pemko Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sambutan antusias ditunjukkan warga Kota Payakumbuh atas dibukanya bazar murah yang dilaksanakan pemerintah daerah tersebut di enam titik berbeda. Sampai hari ke-8 pelaksanaan, enam titik bazar murah yang disediakan tetap ramai dikunjungi warga untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Kabag Perekonomian Setdako Payakumbuh, Arif Siswandi menyebut, terjangkaunya harga bahan pokok yang dijual tersebut menjadi alasan utama kenapa warga tetap berminat untuk berbelanja di bazar murah tersebut.

"Ya untuk harga bahan pokok pada bazar murah sesuai dengan apa yang Pemko inginkan dan harganya tetap stabil meskipun untuk harga di pasar sering terjadi naik turun," terangnya, Kamis (23/5).

Hal lain yang menurut Arif juga meningkatkan minat warga untuk berkunjung ke bazar murah adalah mulai disediakannya kue lebaran yang bisa didapat dengan harga yang juga terjangkau.

"Karena itu bisa dilihat bagaimana bazar murah tetap diminati sampai dengan hari ke-8 ini," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, tingginya tingkat kunjungan warga ke bazar murah memunculkan permintaan dari beberapa produsen untuk ikut berpartisipasi.

"Ada beberapa produsen yg ingin menjual produk kemasan seperti tempat kue atau sejenis toples, mereka meminta juga ke pihak Pemko untuk dapat berdagang di lokasi bazar murah, tapi hal itu tidak sesuai dengan ketentuan dan keinginan pemko dalam pelaksanaan bazar murah tersebut. Untuk itu, keinginan tersebut terpaksa kami tolak," jelasnya.

Dikatakan Arif, salah satu tujuan awal Pemko Payakumbuh melaksanakan bazar mudah di bulan Ramadan adalah mengendalikan inflasi harga bahan pokok. Dan untuk menilai tingkat keberhasilannya, Pemko akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Payakumbuh untuk mengetahui langsung inflasi harga di lapangan. (*)