Penjualan Tiket Pesawat di Agen Payakumbuh Masih Sepi

"Kondisi ini terjadi sejak Januari atau pada saat awal tahun "
salah satu tempat penjualan tiket pesawat di Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pasca dikeluarkannya Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri terbit pada Rabu, 15 Mei 2019 pekan lalu, penjualan tiket pesawat di agen tiket Payakumbuh masih sepi.

Kondisi ini terlihat pada pantauan KLIKPOSITIF, Kamis 23 Mei 2019 siang di dua agen tiket, yaitu PT Senyum Wisata Travel dan Boy Tour Travel Spesialis Tiket Promo.

Abdi Hasfa, agen tiket di PT Senyum Wisata Travel mengatakan kondisi pemesanan dan penjualan tiket tahun 2019 masih sepi. Hal ini dikatakannya menyusul lonjakan kenaiakan harga tiket pesawat yang signifikan beberapa waktu lalu.

"Kondisi ini terjadi sejak Januari atau awal tahun dan sejak itu penjualan tiket tiap bulannya berkurang. Namun setelah adanya surat edaran menteri terkait penurunan harga tiket ini, memang ada beberapa penurunan harga tapi tidak terlalu signifikan," kata Abdi.

Ia berharap ke depannya pihak maskapai kembali menurunkan harga menjadi normal kembali agar masyarakat yang menggunakan jasa transportasi udara juga dapat kembali normal. Hal senada juga disampaikan Boy Abdi, pemilik usaha Boy Tour Travel Spesialis Tiket Promo saat ditemui di Jalan Pahlawan, Labuh Basilang atau samping SMPN 8 Payakumbuh.

"Sekarang masih sepi dan penjualan pun belum normal. Biasanya seperti tahun lalu, penjualan tiket sudah mulai meningkat baik dari rantau ke kampung atau sebaliknya. Apalagi lebaran sudah tidak lama lagi dan tiketpun biasanya lebih tinggi dibandingkan harga normal," kata Boy.

Ia menjelaskan di hari biasa dan sebelum kenaikan harga harga tiket rute Padang Jakarta sekitar Rp500ribu hingga Rp700ribu, tapi saat ini harga tersebut naik signifikan mencapai Rp1,2juta. Kemudian untuk Pekanbaru - Yogyakarta naik dua kali lipat yaitu Rp1.7 juta dimana sebelumnya hanya sekitar Rp700ribu atau Rp800ribu.

"Sebagai agen tiket, ... Baca halaman selanjutnya