Baznas Payakumbuh Bantu Janda dan Lansia

"Kita akan beri bantuan konsumtif ramadan kepada para janda dan lansia, masing-masingnya mendapatkan uang sebesar Rp500 ribu"
Baznas. (ilustrasi)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh akan memberikan bantuan konsumtif Ramadan senilai Rp500 ribu terhadap 830 orang janda dan lansia yang terdapat di daerah tersebut.

Wakil Ketua Bidang Pengelola Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Payakumbuh, Ustadz Latief mengatakan, pemberian bantuan konsumtif itu tujuannya adalah untuk meringankan beban orang-orang tersebut jelang Idul Fitri.

"Kita akan beri bantuan konsumtif ramadan kepada para janda dan lansia, masing-masingnya mendapatkan uang sebesar Rp500 ribu. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada hari Rabu (30/5) mendatang," kata Ustadz Latief, Jumat (24/5).

"Untuk lebih lanjut, kami akan laksanakan rapat di Kantor Baznas dengan menghitung kembali apakah jumlah yang mendapatkan bantuan konsumtif itu sebanyak 830 orang atau mungkin bisa bertambah," lanjutnya.

Dijelaskan Uztadz Latief, pada Ramadan 1440 ini, Baznas Kota Payakumbuh memiliki dua program penyerahan bantuan. Selain untuk janda dan lansia, juga ada bantuan terhadap 150 mahasiswa yang ada di Payakumbuh.

"Sebelumnya kita juga sudah menyerahkan bantuan terhadap 150 mahasiswa yang ada di Kota Payakumbuh. Alhamdulillah, bantuan itu sudah kita serahkan Sabtu (18/5) lalu," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan, dana zakat yang dihimpun Baznas Kota Payakumbuh mayoritas berasal dari zakat Aparat Sipil Negara (ASN) Kota Payakumbuh. Hal itu menyusul himbauan dirinya agar para ASN menyalurkan zakat melalui Baznas.

"Kita memang menghimbau para ASN untuk menyalurkan zakatnya kepada Baznas. Karena sifatnya himbauan, kami tidak mewajibkan. Bagi yang bersedia, caranya gampang, tinggal dipotong 2,5 persen dari gaji bulanan oleh bendahara masing-masing dinas. Alhamdulillah jumlahnya cukup besar," jelas Riza Falepi. (*)