Seribu Kilometer di Atas Bus

"“Panjang pikir kalau mau pulang dengan kondisi begini”"
Seribu Kilometer di Atas Bus (Youtube Surya 17)

PADANG,KLIKPOSITIF-Aria, pria berusia 35 tahun telah merantau di Jakarta sejak tahun 2011. Berbagai pekerjaan telah dicobanya untuk mencari peruntungan di Ibu Kota. Dia meninggalkan rumahnya di Lubuk Buaya, Padang dan mencoba sejumlah pekerjaan. Dia pernah menjadi pedagang, ikut menjadi tim kreatif di beberapa rumah produksi, hingga menjadi guru honor di Sekolah Dasar.

Sebagai perantau adalah impian semua orang untuk bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Kalau menurut Aria, para perantau itu mencari uang sebelas bulan lamanya untuk bisa makan dan bertahan hidup, jika ada lebihnya  ditabung untuk bisa pulang kampung setiap lebaran, berkumpul bersama keluarga.

“Tidak ada perantau yang tidak ingin pulang saat hari raya,” kata Aria saat diwawancarai Klikpositif Jumat, 24 Mei 2019.

Biasanya setiap tahun Aria pulang ke Padang menggunakan pesawat terbang. Tahun lalu dia mengeluarkan biaya Rp 1,3 juta untuk tiket pulang saja. Namun tahun ini Aria harus berhitung lebih cermat. Harga tiket pulang pergi Padang-Jakarta seminggu jelang lebaran mencapai Rp 4 juta lebih. Angka itu, kata Aria, telah melampaui UMR pegawai di Jakarta.

Jika dihitung-hitung lagi, anggaran berhari raya ini di kampung  kian membengkak saja. Dia harus membawa oleh-oleh untuk keluarga, THR untuk anak-kemenakan, dan biasa bagasi pesawat yang tidak sedikit.

“Panjang pikir kalau mau pulang dengan kondisi begini,” katanya lagi.

Aria telah mencari alternatif lain untuk pulang ke Padang. Beberapa BUMN di Jakarta menawarkan bus pulang kampung bersama secara gratis, tapi dia tidak menemui satu pun bus yang langsung menuju ke Lubuk Buaya. Ada satu tawaran mudik, itu pun hanya sampai di Solok saja. Aria menolak tawaran itu. Lantaran harus menyambung mobil pula dari Solok ke Lubuk Buaya.

“Sambung-menyambung mobil ini membuat susah. Kalau dapat satu kali naik satu kali turun saja,” katanya ... Baca halaman selanjutnya