Bupati Sijunjung : Geopark Ranah Minang Silokek Akan Banyak Memberi Keuntungan Bagi Sijunjung

Seorang Warga Melihat Baliho Pusat Informasi Geopark Ranah Minang Silokek di Muaro Sijunjung
Seorang Warga Melihat Baliho Pusat Informasi Geopark Ranah Minang Silokek di Muaro Sijunjung (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan, dengan ditetapkannya Geopark Ranah Minang Silokek menjadi Geopark Nasional banyak memberikan keuntungan bagi Kabupaten Sijunjung .

"Dengan ditetapkannya menjadi Geopark Nasional alokasi anggarannya tidak lagi mengunci atau tidak dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sijunjung . Kewenangan pembangunannya dibebankan ke Nasional," katanya di Muaro Sijunjung , Jumat 24 Mei 2019.

baca juga: Kasus COVID-19 Sumbar Jadi 574 per 2 Juni, 7 Penambahan dari Klaster Pasar Raya Padang dan Lapas Sijunjung

Ia menambahkan, salah satunya dapat dilihat dari faktor penunjang yakni infrastruktur jalan. "Sekarang jalan kesana itu kan seharusnya kewenangan Kabupaten, tapi sekarang tidak lagi karena sudah dianggarkan di APBN," ujarnya.

Dilanjutkan Yuswir, untuk pembangunan Geopark Silokek akan melibatkan pihak ketiga, namun saat ini baru sampai tahap perancangan oleh tim yang dibentuk.

baca juga: Polsek Sijunjung Imbau Pengunjung Pasar Tradisional Taati Protokol Kesehatan

"Sampai saat ini baru penyusunan awal. Kita tidak mau nanti saat memasarkannya tidak ada lagi masalah," ujarnya lagi.

Menurutnya ada tiga permasalahan yang akan timbul dalam pengembangan Geopark Silokek tersebut. Antara lain, lanjutnya, lahan, pemasaran dan masyarakat di lingkungan geopark itu sendiri.

baca juga: 8 Petugas Lapas Muaro Sijunjung Positif COVID-19, 253 Orang yang Kontak Diambil Swab

"Semua itu harus dikoordinir dengan baik agar tujuan pembentukannya tercapai yaitu untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," tuturnya.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Sijunjung juga telah membuka kantor Pusat Informasi Geopark Ranah Minang Silokek di Muaro Sijunjung yang bertujuan untuk mewujudkan pembangunan geopark tersebut.(*)

baca juga: Kasus Virus Corona di Sumbar bertambah 27 per 27 Mei, Jubir: Sijunjung Catatkan 7 Kasus Perdana

Penulis: Muhammad Haikal