4.360 Fakir Miskin Pasbar Terima Zakat dari Baznas

"Penyerahan pertama dibagikan kepada 600 orang fakir miskin di Kecamatan Ranah Batahan"
Pemberian zakat kepada warga miskin (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 4.360 orang fakir miskin di Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar mendapat dana zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat.

Dana zakat tersebut berasal dari zakat dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Pasaman Barat. "Alhamdulillah pada tahun 2019 ini Baznas menyerahkan senilai Rp 1,744 milyar kepada 4,360 orang fakir dan miskin," ujar Kabag Kesra Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Hendrizal, Jumat (24/5/2019).

Paparnya, penyerahan itu dilakukan secara bertahap per kecamatan. Penyerahan pertama dibagikan kepada 600 orang fakir miskin di Kecamatan Ranah Batahan. Dengan rincian per kejorongan mendapat kuota sebanyak 20 orang, tiap orang mendapatkan jumlah dana sebesar Rp400ribu.

Menurut Hendrizal, kegiatan ini rutin kita lakukan setiap tahun dan sudah berjalan selama 4 tahun terakhir. Selain dana zakat tersebut, berupa bantuan sosial lainnya tetap disalurkan seperti bantuan biaya berobat bagi masyarakat kurang mampu, beasiswa pelajar, bantuan modal usaha. Semua itu langsung diakomodir oleh Baznas setempat," terang dia.

Sementara Ketua Baznas Pasaman Barat Fakhrizal menyampaikan, penerima zakat merupakan warga kategori keluarga kurang mampu. Penerima zakat tahun ini secara data berbeda dengan penerima zakat tahun sebelumnya.

"Hal itu dilakukan demi pemerataan. Sebab, bagi yang sudah menerima zakat pada tahun 2018 lalu, tidak diberikan lagi pada tahun 2019 ini. Namun kami berharap, semoga penerima zakat di tahun mendatang tidak tergolong lagi menjadi warga kategori kurang mampu," ujarnya.

Ia berharap perekonomian mereka meningkat di masa mendatang dan lebih sejahtera dan keluar dari kategori tersebut. Disamping itu Fakhrizal menghimbau kepada pihak yang terlibat dalam pembagian zakat, agar menjalankan amanah sosial tersebit dengan sebaik-baiknya.

[Irfan Pasaribu]